riau24 Cagar Budaya di Bongkar Untuk Perumahan, Anggota DPRD Rohil Berang | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Cagar Budaya di Bongkar Untuk Perumahan, Anggota DPRD Rohil Berang

0
Berita Riau -  Cagar Budaya di Bongkar Untuk Perumahan, Anggota DPRD Rohil Berang
Rohil,Riau24.com- Anggota DPRD Provinsi Riau Siswaja Muljadi sangat menyayangkan pembongkaran bangunan bersejarah dermaga Bagansiapiapi peninggalan zaman belanda oleh pihak Bea Cukai kelas II Bagansiapiapi.
 
Pembongkaran dilakukan tanpa diduga tanpa adanya berkordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah setempat
 
Menurutnya, Muljadi dermaga besi Ex zaman Belanda dibongkar oleh bea ok um cukai bagansiapiapi tanpa koordinasi dengan pihak Pemkab Rohil dan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3). Peninggalan bersejarah itu, memiliki nilai kebudayaan yang sangat tinggi.
 
Politisi partai Gerindra ini mengaku telah berkordinasi dengan Bupati Rohil H Suyatno dan Kepala BP3 Batu Sangkar Nurmatias. Ia juga menyarankan untuk menghentikan sementara aktifitas pembongkaran cagar budaya tersebut.
 
Muljadi mengaku kesal, setelah mendapat informasi pembongkaran dermaga besi tersebut, karena itu menjadi bukti sejarah kebesaran Kota Bagansiapiapi yang dulunya terkenal penghasil ikan terbesar dunia.
 
"Dulu dermaga itu tempat kami bermain, panjangnya dari depan Pasar Pelita sampai Mesjid Muslimin dan Rumah Makan Saiyo," kenangnya.
 
Anggota DPRD Riau asal Rokan Hilir ini meminta Pemkab Rohil mencari solusi lahan pengganti sebagai lokasi Kantor Bea Cukai Bagansiapiapi, sehingga rumah disekitar dermaga termasuk rumah makan saiyo juga perlu direlokasi. Tujuanya, supaya dermaga tersebut juga dapat menjadi salah satu tempat kunjungan wisata di bagansiapiapi.
 
Lanjutnya, Kota Bagansiapiapi banyak meninggalkan barang bersejarah yang bisa dijadikan tempat wisata sebagai sumber pengerak ekonomi kreatif dan usaha kecil masyarakat setempat
 
Sedangkan pegawai Bea dan Cukai Bagansiapiapi Iyai dikantor Bea dan cukai  Sabtu (27/2/16 ) saat di konfirmasi mengakui adanya rencana pembangunan ini.
 
"Ia, kita memang akan membangun perumahan dinas bea dan cukai sebanyak 4 Unit berserta lapangan olah raga,pembangunan  mengunakan dana APBN Pusat,kalau untuk kekesalan yang dilontar semua pihak terkait dengan pembongkaran itu, dirinya belum mengetahui persis mengenai hal tersebut ,"pungkasnya.
 
R24/red/yan 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru