riau24 Kadisbun Riau 'Muhibbul' Sebut Cegah Kebakaran dengan Pakai Aplikasi Android | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kadisbun Riau 'Muhibbul' Sebut Cegah Kebakaran dengan Pakai Aplikasi Android

0
Berita Riau -  Kadisbun Riau 'Muhibbul' Sebut Cegah Kebakaran dengan Pakai Aplikasi Android
 
Pekanbaru, Riau24.com - Seiiring berbagai inovasi serta penguatan program, dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang terjadi di Riau ini, terus dilakukan. Salah satunya, dengan memakai penggunaanya teknologi berbasis Android. 
 
Hal itu, disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Muhibbul Basyar, saat penutupan kegiatan Diklat Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran atas Kebun dan Lahan, Minggu (28/2) di Balai Diklat Kehutanan, digelar kerjasama diantara Disbun Riau, GAPKI Riau, BKSDA, Balai Diklat Kehutanan.
 
Dikatakanya, pengunaan program ini diyakin mampu mengefektifkan pencegahannya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Yang berbasis android ini, diyakini lebih cepat dan efektif dalam hal usaha penanggulangan.
 
“Ditahun ini, tim BKSDA diketahui mampu membuat sebuah aplikasi pencegahan itu berbasis android. Pada saat pelatihan ini, peserta menyebut bahwa pencegahan berbasis android ini lebih mudah dan efektif. Karena aplikasi yang terpasang di android tim darinya perusahaan tersebut dengan mudah mendeteksi api yang ada di wilayahnya,” ujar Muhibbul.
 
Muhibbul menjelaskan bahwa cara kerja terobosan terbaru ini yaitu setiap perusahaan harus membentuk beberapa tim kerja yang menjaga areal konsesinya. Di Handphone tim kerja akan dipasangkan aplikasi sejenis pdf map yang telah dipasangkan wilayah kerjanya. 
 
Setiap tim kerja diharuskan untuk mengontrol areal setiap hari, Track perjalanan mereka dengan sendirinya telah tersimpan (record) di androidnya. Dan setiap sore mereka diharuskan melaporkan track perjalanan mereka ke posko induk di setiap perusahaan.
 
“Dengan sistem seperti ini kita akan tahu bahwa mereka telah menjaga wilayah kerjanya dengan baik. Ada laporan ke posko induk. Ketika mereka berjalan, maka ini tahu potensi kebakaran. Dan jika kebakaran telah terjadi, ini disikap posko induk mengetahui arealnya konsesi tersebut atas tanggung jawab siapa dan apakah telah mereka lakukan kontro dan memberikan titik kordinat via android," katanya.
 
Sehingga sambungnya, nanti tim pencegah kebakaran akan lebih mudah menemukan titik apinya. Dengan sistem ini, ulasnya, maka perusahaan akan lebih pekerjaan pencegahan dan penanggulangan tehadap musibah ini. 
 
Sementara itu Sekretaris GAPKI Riau, Ketut Sukarwa usai acara menyebutkan, bahwa tahun ini potensi kebakaran masih tinggi. Pengurus GAPKI Riau melakukan serangkaian program-program ini pencegahan kebakaran ditahun 2016 bisa lebih cepat dan mudah. 
“Kita sangat serius untuk mencegah kebakaran ini. Kita telah melatih tim pencegah kebakaran dari perusahaan. Bekerjasama dengan Polda Riau, Disbun Riau, BKSDA, Danrem 031 Wirabima, BPBD Riau. Bahkan anggota GAPKI Riau telah melakukan kerjasama dengan Polres dan TNI di setiap kabupaten," katanya.
 
Sementara itu, Kepala UPT Pelatihan Disbun Riau, Alzuhra Alinoni, menyatakan kegiatan ini sudah masuk tahun ketiga. Tahun ini juga dilakukanya serangkaian pelatihan serupa. Bahkan, untuk tahun ini, UPT Pelatihan melakukan diklat pencegahan kebakaran tingkat lanjutan. Peserta untuk tahap pertama ini yaitu 33 orang dari 7 perusahaan perkebunan.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru