riau24 Rakyatnya kelaparan, presiden Zimbabwe gelar pesta ultah Rp 10 M | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Rakyatnya kelaparan, presiden Zimbabwe gelar pesta ultah Rp 10 M

1
Pesta Ultah Robert Mugabe.
Berita Riau -  Rakyatnya kelaparan, presiden Zimbabwe gelar pesta ultah Rp 10 M

Riau24.com - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, menggelar pesta ulang tahun ke-92 bersama keluarga serta anggota partainya pekan lalu. Kegiatan hura-hura ini menghabiskan anggaran sebesar USD 800 ribu (setara Rp 10,7 miliar).

Dalam pesta itu, Mugabe mengaku siap memimpin Zimbabwe sepanjang dia mampu. Pesta ini melepas 92 balon ke udara, melambangkan usia sang diktator, serta dimeriahkan oleh pembacaan puisi serta pentas nyanyian yang liriknya memuji Mugabe sebagai sosok visioner di Benua Afrika.

Surat kabar the Guardian melaporkan, Senin (29/2), tindakan Mugabe mengundang kritik kelompok oposisi serta warga miskin Zimbabwe. Lokasi penyelenggaraan pesta ultah ini, Distrik Masvingo, adalah lokasi yang paling parah terlanda kekeringan sepanjang 2015. Hasilnya 75 persen sawah gagal panen. Kawasan Masvingo juga menjadi lokasi dengan jumlah penderita busung lapar terbanyak di Zimbabwe.

Acuh pada situasi itu, Mugabe dan istrinya asyik makan kue tart raksasa yang khusus dihadirkan untuk santapan tamu undangan. Dia tak menyinggung soal kelaparan di Masvingo saat berpidato. Sebaliknya, Mugabe mengkritik isu LGBT dan bantuan asing dalam sambutannya. "Jika donor asing membantu negara kita dengan syarat melegalkan pernikahan sejenis, maka sebaiknya kita tolak bantuan itu," kata Mugabe disambut tepuk tangan hadirin.

Zimbabwe sampai sekarang belum pulih benar dari persoalan hiperinflasi pada 2008. Saat krisis terparah melanda, mata uang negara di selatan Afrika itu sontak tak berharga lagi. Dilaporkan 35 ribu triliun Dolar Zimbabwe cuma bisa dipakai membeli sepotong roti. Sekarang mata uang di negara itu adalah Dollar Amerika.

"Anggaran gila-gilaan dari pesta presiden kemarin bisa dipakai untuk mengimpor gandum, sehingga rakyat di Masvingu tidak perlu mengalami kelaparan," kata Obert Gutu, juru bicara Gerakan Oposisi Perubahan Demokratik (MDC). Kelompok MDC sejak lima tahun terakhir dikebiri hak politiknya oleh Mugabe, supaya tak bisa menang pemilu.

Mugabe sudah berkuasa di Zimbabwe selama 36 tahun. Selama berkuasa, Mugabe dituduh melakukan kecurangan pemilu, pengusiran warga dan melanggar HAM serta bertanggungjawab atas penurunan ekonomi di negaranya.


R24/dwi/mer 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 14:08 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru