riau24 Demi Menekan Tingkat Pemakaian Plastik, Masyarakat Harus Membayar | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Demi Menekan Tingkat Pemakaian Plastik, Masyarakat Harus Membayar

0
Berita Riau -  Demi Menekan Tingkat Pemakaian Plastik, Masyarakat Harus Membayar

Pekanbaru, Riau24.com - Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru mulai menerapkan ketentuan kantong plastik berbayar. Sejak diberlakukannya plastik berbayar minggu (21/02/1016) masih banyak masyarakat yang belum mengetahui. Ditemui wartawan riau24.com di salah satu alfamart jalan HR Soebrantas, dimana seorang ibu terkejut dengan adanya plastik berbayar ini. Hal tersebut dilakukan untuk menekan tingkat pemakaian masyarakat terhadap kantong plastik karena sampah plastik dapat merusak lingkungan. Seperti yang kita ketahui, plastik saat ini menjadi salah satu persoalan sampah yang sulit diatasi. Butuh waktu yang cukup lama agar sampah plastik ini bisa terurai.

“Saya terpaksa membeli kantong plastik karena memang tidak membawa kantong dari rumah. Mungkin masih terbiasa membawa barang belanjaan dengan kantong plastik," ucapnya.

Untuk itu, kami melakukan konfirmasi ke Bidang Perdagangan, Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman. Ternyata Disperindag Pekanbaru menerima banyak aduan masyarakat mengenai beberapa ritel yang menerapkan plastik berbayar namun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu terhadap pembeli. Melainkan langsung memungut tarif per kantong plastiknya.

"Adanya plastik berbayar ini kan bertujuan untuk membuat jera masyarakat agar tidak memakai kantong plastik lagi. Bukan untuk mencari-cari keuntungan. Pihak ritel tolong informasikan kepada pembeli, jangan asal kasih plastik dan berbayar. Kami sudah terima pengaduannya. Untuk diketahui, dalam surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor S.1230/PSLB3-PS /2016, penggunaan kantong plastik dalam berbelanja dikenakan harga Rp 200 per kantong,"katanya.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru