riau24 BMKG Meyakini Tak akan Ada Gempa Susulan Melebihi Kekuatan 7,8 SR | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Terkait Gempa Di Mentawai

BMKG Meyakini Tak akan Ada Gempa Susulan Melebihi Kekuatan 7,8 SR

1
Berita Riau -  BMKG  Meyakini Tak akan Ada Gempa Susulan Melebihi Kekuatan 7,8 SR
Riau24.com-  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa bumi 7,8 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, mengakibatkan gempa susulan. Namun diyakini tidak akan ada gempa susulan melebihi kekuatan 7,8 SR.
 
"Hingga hari Kamis (3/3) pukul 03.00 WIB tercatat ada 6 aktivitas gempa bumi susulan dengan kekuatan yang terus mengecil," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono yang dikutip detikcom dari situs resmi BMKG, www.bmkg.go.id, Kamis (3/3/2016).
 
Daryono meyakini, tidak akan ada gempa susulan dengan kekuatan yang lebuh besar dari 7,8 SR. Untuk itu masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpancing dengan kabar yang belum tentu kebenarannya.
 
"Berdasarkan data gempa bumi susulan ini diyakini bahwa tidak akan terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang lebih besar. Untuk itu masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu. Pastikan bahwa informasi terkait gempabumi dan tsunami bersumber dari BMKG," kata Daryono.
 
Sementara itu, Daryono mengatakan gempa yang terjadi sekitar 636 kilometer dari bibir pantai Mentawai tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa itu diakibatka oleh aktivitas sesar mendatar.
 
"Posisi episenter menunjukkan bahwa pusat gempabumi ini terletak di bagian utara dari zona Cekungan Wharton yang memang banyak terdapat segmen spreading ridge. Cekungan Wharton memiliki kaitan dengan pergerakan dasar Samudra Hindia dan zona-zona patahan di sekitarnya. Lokasi ini berada di antara Kepulauan Mentawai dan zona Ninetyeast Ridge," jelasnya.
 
"Patut disyukuri bahwa peristiwa gempa bumi kuat ini dibangkitkan oleh sesar dengan arah pergerakan mendatar, sehingga tidak memicu terjadinya tsunami. Verifikasi yang dilakukan terhadap peralatan monitoring pasang surut air laut (tsunami gauge) yang tersebar di pantai barat Sumatera disimpulkan bahwa tsunami memang tidak terjadi. BMKG secara resmi mengakhiri peringatan dini tsunami tepat pada pukul 22.32.42 WIB. Pantai barat Sumatera dinyatakan aman, sehingga bagi masyarakat pesisir pantai yang sempat melakukan evakuasi diimbau untuk kembali ke rumah masing-masing," tambahnya.
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 06 November 2017 23:57 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/cxXuCWP.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru