riau24 Komputer Mini Dijual Seharga Rp 468 ribu, Mau? | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Komputer Mini Dijual Seharga Rp 468 ribu, Mau?

0
Tampilan Raspberry Pi 3 (sumber: theverge.com)
Berita Riau -  Komputer Mini Dijual Seharga Rp 468 ribu, Mau?

Jakarta, Riau24.com - Raspberry Pi Foundation kembali merilis komputer mini seri Raspberry Pi terbaru. Bersamaan dengan perayaan ulang tahun keempat, perusahaan asal Inggris tersebut secara rersmi merilis Raspberry Pi 3.

Kendati harganya terhitung murah, Raspberry Pi 3 sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih baik ketimbang pendahulunya. Salah satu fitur yang akhirnya disematkan adalah Wi-Fi dan Bluetooth. Kedua fitur itu dipilih karena banyak pengguna yang menginginkannya.

"Wi-Fi dan Bluetooth adalah sesuatu yang diinginkan banyak orang sejak lama," ujar Eben Upton, CEO Raspberry Pi, seperti dikutip dari laman The Verge, Kamis (3/3/2016). Untuk harga, Raspberry Pi 3 dibanderol US$ 53 atau sekitar Rp 468 ribu.

Dengan penambahan Bluetooth, itu dapat memudahkan pengguna yang ingin memindahkan data tanpa perlu menghubungkan dengan kabel terlebih dulu. Tak hanya itu, dengan kehadiran Bluetooth, Raspberry Pi 3 dapat menggunakan keyboard dan mouse nirkabel. Selain itu, Raspberry Pi 3 juga hadir dengan performa yang lebih baik. Komputer mini ini menggunakan prosesor quad-core 64-bit 1.2GHz Cortex, menggantikan seri sebelumnya, yang menggunakan prosesor 32-bit di 900 MHz. Sementara untuk dukungan pengolahan, Raspberry Pi 3 menggunakan RAM yang sama dengan sebelumnya, yakni 1GB.

Perubahan ini dilakukan untuk memastikan Raspberry Pi 3 dapat bekerja layaknya sebuah PC sebenarnya. Upton menuturkan beberapa pengguna Raspberry Pi 2 sempat mengeluhkan kinerja yang tidak cukup cepat sebagai sebuah PC.

Sementara untuk penggunaan, sesuai dengan inti dari Raspberry, Raspberry Pi 3 akan menyasar sektor pendidikan. Hal ini dapat membantu sekolah yang membutuhkan komputer dengan biaya terjangkau di kelas-kelas.

Sekadar informasi, Raspberry Pi Foundation adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan komputer mini yang dapat dicolokkan ke TV dan keyboard. Komputer mini tersebut dipastikan dapat berfungsi layaknya sebuah desktop PC, mulai dari bekerja, sampai menonton video HD.


R24/dev/lip 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru