riau24 ESDM Kuansing Inventarisasi Potensi Air Tanah | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

ESDM Kuansing Inventarisasi Potensi Air Tanah

0
Salah satu pembuatan sumur bor
Berita Riau -  ESDM Kuansing Inventarisasi Potensi Air Tanah

Kuansing, Riau24.com - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kuantan Singingi akan melakukan inventarisir potensi air tanah dengan menggunakan metode geolistrik. Karena metode Geolistrik ini merupakan metode eksplorasi geofisika untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan dengan menggunakan sifat-sifat kelistrikan batuan.

Sifat-sifat kelistrikan tersebut antara lain :
1. Tahanan jenis (specificresistivity, conductivity, dielectrical constant)
2. Kemampuan menimbulkan self potential dan medan induksi
3. Sifat menyimpan potensial dan lain-lain

Metoda geolistrik menempati tempat yang unik pada klasifikasi geolistrik. Metoda - metoda ekpslorasi geolistrik sangat beragam. Ada metoda yang dapat dimasukkan dalam kategori dinamis, akan tetapi ada juga yang dapat dimasukkan kedalam kategori statis. Salah satu keunikan lain dari metoda geolistrik adalah terpecah-pecah menjadi bermacam-macam mazhab (aliran atau school) yang berbeda satu dengan yang lain.

" Oleh karena itu, di Kabupaten Kuantan Singingi akan dilakukan inventarisir potensi air tanah yang berada di 10 kecamatan. Dikarenakan lima kecamatan lainnya sudah dilakukan, seperti Kecamatan Kuantan Tengah, Kecamatan Sentajo Raya,Kecamatan Kuantan Hilir, Kecamatan Pucuk Rantau dan Kecamatan Pangean, " ungkap Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Yuridisman didampingi Kabid Geologi dan Pertambangan Umum, Fenta Gustian, SP ketika dihubungi Riau24.com diruang kerjanya, Kamis (3/3).

Menurutnya, 10 kecamatan yang akan dilakukan inventarisir potensi air bawah tanah dan sekaligus pembuatan sumur bor terdiri dari Kecamatan Kuantan Mudik, Kecamatan Hulu Kuantan, Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Benai, Kecamatan Singingi, Kecamatan Singingi Hilir, Kecamatan Inuman, Kecamatan Cerenti, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang dan Kecamatan Logas Tanah Darat.

"Kita akan lakukan kegiatannya pada tahun anggaran 2016 ini, sesuai dengan hasil Rapat koordinasi (rakor) teknis ESDM se Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Hal ini sejalan dengan tujuan rakor di Dinas ESDM pada sektor mineral tahun 2017, dimana lokasi pelaksanaan program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran dan pagu indikatif program. Begitu juga kondisi pelaksanaan proses dan hasil inventarisasi P3 D yang telah dijalankan dalam upaya implementasi Undang-Undang no. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, " tukasnya.



R24/dev/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru