riau24 Ridwan Kamil Batal Maju, Pilgub DKI Dianggap Selesai | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Ridwan Kamil Batal Maju, Pilgub DKI Dianggap Selesai

1
Ridwan Kamil
Berita Riau -  Ridwan Kamil Batal Maju, Pilgub DKI Dianggap Selesai

Bandung, Riau24.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memutuskan tidak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017. Ia memilih bertahan di Bandung dan menuntaskan tugas hingga masa jabatannya berakhir.

Menyikapi hal itu, pakar politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Muradi mengatakan langkah yang diambil Ridwan Kamil berpengaruh terhadap peta politik pada Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Pasti konstelasi politik berubah. Kalau dia tidak maju ke DKI, konstelasi politik di DKI yang berubah. Kalau dia ke DKI, konstelasi politik di Bandung yang berubah," ujarnya, Jumat (4/3/2016).

Muradi menambahkan, pria yang akrab disapa Emil itu maju ke DKI, partai pengusung dalam pilwalkot lalu akan mengusung nama baru untuk mendampingi Oded M Danial yang otomatis akan naik jabatan jadi Wali Kota Bandung.

Sebaliknya, posisi wakil wali kota yang kosong akan diperebutkan PKS dan Gerindra sebagai partai pengusung. Emil sendiri diusung Gerindra pada Pilwalkot Bandung lalu.

Tapi karena Emil bertahan, situasi politik di Bandung kembali kondusif. Sebab, tidak ada posisi yang kosong dan diperebutkan partai pengusung Emil dan Oded.

Sementara bagi DKI, keputusan Emil membuat peta politik di sana berubah drastis. Mundurnya Emil menjadikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak punya saingan berat untuk kembali meraih jabatan DKI 1.

Para kandidat yang terus bermunculan diyakini tidak akan mampu mengalahkan Ahok, termasuk Yusril Ihza Mahendra. Ia bahkan menganggap Pilgub DKI sudah selesai karena Ahok diprediksi akan menjadi pemenangnya.

"Saya bisa mengambil kesimpulan DKI sudah selesai pemilukadanya. Siapa pun yang melawan Ahok akan sulit untuk menang. Kalaupun (kandidat lain) bekerja keras, dia hanya akan mendekati saja. Tapi, Ahok yang akan menang," jelas Muradi.



R24/dev/oke 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 17:22 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru