riau24 Indonesia Butuh Banyak Industri Kreatif | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Indonesia Butuh Banyak Industri Kreatif

0
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.
Berita Riau -  Indonesia Butuh Banyak Industri Kreatif

Jakarta, Riau24.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia, Triawan Munaf, menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kompetisi inovasi "Black Innovation." Hal tersebut dianggap sebagai bagian dari pengembangan kreativitas inovasi anak muda Indonesia.

Triawan mengungkapkan, hal ini merupakan konsekuensi dari era digital yang saat ini semakin terbuka. Dulunya, kata dia, hal ini adalah market untuk industri kreatif yang terbatas dan bersifat birokratif sehingga sulit menembus market dalam dan luar negeri.

"Di era digital ini, market dunia ada di depan mata kita, ada di tangan kita. Ruang-ruang di internet itu tidak mengenal batas," ujar Triawan kepada VIVA.co.id, Jumat, 4 Maret 2016.

"Dibutuhkan konten-konten yang semakin banyak, kreasi, dan inovasi baru, serta materi-materi dari pelosok daerah yang tadinya tidak tereksplorasi jadi sangat dibutuhkan untuk mengisi ruang-ruang kosong tersebut," Triawan menambahkan.

Triawan mengemukakan, hal ini adalah tantangan di industri kreatif yang sangat menarik dan diperlukan inovasi yang terus menerus. "Saat ini kita hidup di era kompetisi. Sebab kompetisi ini membuat kita terasah hingga mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut," ujarnya.

Namun, Triawan menegaskan, pemerintah tidak bisa sepenuhnya menangani iklim kompetisi di industri kreatif. Dibutuhkan peran swasta dan lembaga lain yang mau terlibat bahkan menjadi inisiator.

"Minimal kehadiran kami, endorsmen dan keterlibatan kami akan terus ada selama kegiatan tersebut berhubungan dengan bidang-bidang kreatif," kata Triawan.

Sebelumnya, Black Innovation merupakan ruang berkreasi bagi para innovator agar bisa memunculkan berbagai idenya dalam sebuah wadah kompetisi. Dari inovasi tersebut akan menghasilkan barang modifikasi suatu produk atau barang sehingga lebih memiliki nilai bagi kehidupan.


R24/dev/viv

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru