riau24 Delapan Kasus Mobil Jatuh dari Gedung | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Delapan Kasus Mobil Jatuh dari Gedung

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Delapan Kasus Mobil Jatuh dari Gedung

Jakarta, Riau24.com - Hingga kini setidaknya ada delapan kasus mobil jatuh dari gedung tinggi di sejumlah kota di Indonesia. Jenis mobilnya beragam. Ada mobil angkutan barang dan sudah barang tentu mobil angkutan orang yang paling dominan.

Banyak pembelajaran yang semestinya kita petik. Tak semata bagi para pengguna kendaraan bermotor, namun juga oleh para pengelola gedung. Kita bisa belajar dari pengalaman untuk memperkecil terjadinya kisah pilu.

1). Senin, 11 Desember 2006
Kasus Palembang, Sumatera Selatan

Empat remaja SMA terjatuh bersama mobil sedan Mercedes Benz hitam D 84 DK dari lantai empat Palembang Indah Mal (PIM), Palembang, Sumatera Selatan. Satu dari empat meninggal dunia, lalu satu menderita koma, dan dua selamat atas kejadian saat mobil hendak naik ke parkiran di lantai empat itu.

Remaja pengemudi, Robby diduga belum terbiasa dengan sistem transmisi otomatis mobil yang baru tiga bulan dikendarainya.

2). Minggu, 14 Januari 2007
Kasus Pangrango, Bogor, Jawa Barat

Kasus di gedung Mal Parango, Bogor, Jawa Barat ini terjadi sekitar pukul 21.oo WIB. Mobil boks B 9991 FA berlogo Toko Buku Gunung Agung terjatuh dari area parkir di lantai tiga mal tersebut.
Akibat jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter itu dua orang yang ada di dalam mobil menderita luka-luka. Posisi bagian depan mobil menghadap ke bawah dan bagian belakang berdiri tegak.

3). Kamis, 17 Mei 2007
Permata Hijau, Jakarta Selatan

Peristiwa mengenaskan menimpa satu keluarga yang berada di dalam satu mobil Honda Jazz B 1792 EV pada 2007. Mobil yang dikemudikan Meylan (39) saat hendak turun dari area parkir di lantai tujuh ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan menghadapi masalah di lantai enam sehingga masuk ke lajur mobil untuk naik ke area parkir dan terjatuh.

Kejadian pilu pada sekitar pukul 12.30 WIB itu merenggut tiga korban jiwa yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Mereka adalah Afandi (41), Meylan (39), dan putra semata wayang mereka Samuel (14). Mobil hatchback itu terjatuh dari ketinggian lebih dari 20 meter.

4). Selasa, 22 Januari 2008
Kasus Gatot Subroto, Jakarta Selatan

Setahun setelah kejadian di ITC Permata Hijau, kisah pilu serupa terjadi di gedung Menara Jamsostek, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kali ini, sebuah mobil pribadi yang dikemudikan Heryawan alias Ujang terjatuh dari area parkir gedung perkantoran tersebut.

Peristiwa pada sekitar pukul 10.00 WIB itu menyebabkan satu korban jiwa, Ujang yang baru saja mengantar majikannya. Saat kejadian dia hendak memarkirkan mobil, namun naas terjatuh dari lantai delapan.

Mobil Honda Accord B 8722 FW yang dikemudikan Ujang menimpa mobil yang melaju di bawahnya. Mobil yang tertimpa bagian depannya itu tidak merenggut korban jiwa, namun membuat empat penumpangnya shock karena tidak menduga ada mobil jatuh dari ketinggian.

5). Selasa, 3 Juli 2012
Kasus Salemba, Jakarta Pusat

Petaka menimpa mobil Honda Jazz yang usai diservis dan hendak diturunkan dari lantai tiga menuju area bawah sebuah show room mobil di Gedung Honda Cakra Pengukir, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat.
Insiden ini menewaskan mekanik yang mengendarai mobil. Saat kejadian, mobil hendak diturunkan ke lantai dasar melalui lift. Namun, mobil bernopol B 1607 YD itu jatuh di dalam lubang lift.

6). Senin, 20 Januari 2014
Kasus Kelapa Gading, Jakarta Utara

Mobil Avanza yang dikemudikan Yusman Fadillah (23) terjatuh dari area parkir P2 P2 Apartemen Evian Garden French Walk, Kelapa Gading Square, Mal Of Indonesia. Akibat dari jatuhnya mobil itu Yusman mengalami luka-luka.

Mobil New Avanza B 1886 UOR yang terlibat insiden itu milik PT Mitra Abadi Pria, tempat Yusman bekerja. Kondisi mobil cukup parah mengingat saat terjatuh posisi mobil dalam keadaan terbalik.

7). Selasa, 19 Januari 2016
Kasus Kebayoran, Jakarta Selatan

Mobil boks Suzuki Futura B 9753 VUA terjatuh dari lantai empat area parkir di pusat perdagangan PD Pasar Jaya Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Insiden sekitar pukul 13.40 WIB itu menewaskan seorang pedagang, Tabroni yang tertimpa mobil. Sedangkan kenek mobil, Danu mengalami luka-luka.
Informasi yang beredar bahwa mobil diparkir dalam kondisi tidak direm tangan. Lalu, Danu yang ada di dalam mobil tidak menyadari kalau mobil bergerak mundur dan menabrak pagar pengaman parkir hingga akhirnya terjatuh.

8). Rabu, 2 Maret 2016
Kasus Depok, Jawa Barat

Mobil Honda Jazz B 1485 EMH warna merah jatuh dari area parkir P5 di pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda, Depok. Mobil yang terjatuh ke lantai dasar itu menewaskan dua orang yang ada di dalamnya, yakni Dessy (22) dan Mohamad (27).

Insiden yang terjadi pada dinihari sekitar pukul 02.30 WIB tersebut diketahui saat mobil hendak turun dari area parkir P6. Namun, setibanya di P5 pengemudi diduga kehliangan kendali yang seharusnya belok ke kanan, justeru lurus dan menabrak pembatas gedung parkir sehingga jatuh dari ketinggian sekitar 9,8 meter.




R24/dev/viv 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru