riau24 Penggunaan Dana Desa Lebih Terbuka | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Penggunaan Dana Desa Lebih Terbuka

0
Ketua Komisi III DPRD Inhil, Iwan Taruna ST
Berita Riau -  Penggunaan Dana Desa Lebih Terbuka

Inhil, Riau24.com - Untuk menghindari kecurigaan adanya penyalahgunaan dana di desa yang bersumber dari APBN, Ketua Komisi III DPRD Inhil, Iwan Taruna, ST mengatakan sebaiknya penggunaan anggaran lebih terbuka kepada masyarakat.

"Kepala desa atau aparatur desa harus transparan dalam penggunaan keuangan desa dari berbagai sumber," kata Iwan Taruna, Jumat, (4/3/2016).

Iwan juga menuturkan sesuai aturan aparatur desa harus mendokumentasikan semua keuangan desa mulai dari pendapatan sampai pengeluaran kemudian dapat dipertanggungjawabkan. Seluruh penggunaan anggaran yang sudah didokumentasikan itu, kata dia, harus disampaikan secara terbuka kepada masyarakat desanya.

"Harus dipertanggungjawabkan secara transparan kepada masyarakat lewat Badan Pemusyawaratan Desa, lalu diinformasikan dengan ditempelkan di kantor desa," kata dia.
Jika desa tidak mempublikasikan realisasi anggaran, katanya lagi, sesuai aturan masyarakat berhak menanyakannya langsung kepada desa.

Ia berharap, masyarakat desa dapat aktif bertanya dan melaporkan kepada pihak berwenang apabila ada kecurigaan penyalahgunaan anggaran desa. "Masyarakat harus proaktif dan harus dilaporkan jika terjadi penyalahgunaan anggaran," katanya.
Ia menambahkan, alokasi dana desa diperuntukan untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan fisik seperti jalan, jembatan dan irigasi.



R24/dev/rgo 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru