riau24 Baharuddin: Tenaga Kerja Asing Wajib Urus SKTT di Disdukcapil Pekanbaru | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Baharuddin: Tenaga Kerja Asing Wajib Urus SKTT di Disdukcapil Pekanbaru

0
Berita Riau -  Baharuddin: Tenaga Kerja Asing Wajib Urus SKTT di Disdukcapil Pekanbaru
 
Pekanbaru, Riau24.com - Seiring daripada perkembangannya Kota Pekanbaru belakangan ini, sudah dipastikan pula menjadi incaranya pelaku dunia usaha menanamkan investasinya. Sehingganya Dipasti membutuhkan tenaga kerja. Baik itu lokal dan nasional maupun dari international.
 
Terkait keberadaan tenaga kerja, juga menjadi perhatian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru. Ini khusus bagi pekerja International atau Warga Negara Asing (WNA) bekerja di Kota Pekanbaru. "Kami juga punya hak, memantau WNA yang bekerja," sebut Baharuddin.
 
Demikian disampaikannya Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru pada wartawan, melalui ponselnya. Dia menegaskan, bahwa pada setiap saat Pemko Pekanbaru ini melalui Disdukcapil terus meingatkan tiap WNA, baik itu kunjunganya wisata maupun bekerja. Hal ini harusnya ada surat keterangan berdomisili.
 
Baharuddin menyebutkan, bahwa Surat Keterangan Tempat Tinggal ( SKTT) diberikan ini pada Warga Asing (TKA) memang sesuai dari ketentuan aturan yang berlaku di tanah air (Indonesia, red). Maka, diingatkan pada para pengusaha untuk melaporkan keberadaanya TKA, sebelum dilakukan ini razia.
 
"Kedatangan para pekerja asing (TKA) bila tanpa SKTT tentu telah melanggar UU Nomor 24 Tahun 2013 yaitu tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Dimana ini setiap orang asing diharus itu mengurus izin sesuai UU," kata Baharuddin.
 
Caranya, pekerja asing ini harus datang dan mengisi form F-1.62 (Form Pendaftaran Orang Asing Tinggal Terbatas). Selanjut pihak Kepala Dinas menerbitkan Surat Keterangan Tempat Tinggal yang berupa kartu (SKTT) atau F-1.63, Dan ini diwajib kepada pengusaha untuk mengurus SKTT tersebut.
 
Lanjut dia, didalam mengurus hal dokumen itu, maka diharuskan ini menunjukkan surat-surat aslinya. Seperti halnya itu KITAS, Paspor, buku pengawasanya orang asing. Lalu fotokopi Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dari kepolisian, surat pengantar yang dari RT/RW setempat itu mengetahui Lurah.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru