riau24 Jangan Hobi Minum Obat Sebab Obat Adalah Racun | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Jangan Hobi Minum Obat Sebab Obat Adalah Racun

0
Berita Riau -  Jangan Hobi Minum Obat Sebab Obat Adalah Racun
Pekanbaru, Riau24.com- Obat sejatinya berguna untuk membunuh racun atau bakteri yang ada di dalam tubuh. Jika obat diminum secara terus-menerus tanpa resep dokter, maka obat akan menjadi racun yang justru akan membahayakan.
 
"Obat itu racun. Jadi kalau sakit sedikit jangan langsung minum obat sembarangan. Jangan hobi minum obat karena akan berakibat pada fungsi hati dan organ tubuh lainnya," tutur Manager Kimia Farma 229 Pekanbaru, Asep Rakhmat Ghofur.
 
Obat adalah suatu bahan atau campuran bahan yang dalam cara, takaran atau dosis yang cukup (ditentukan), dipergunakan dalam menentukan diagnosa, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit pada manusia atau hewan.
 
"Takaran dosis obat ini harus pas. Jika berlebihan akan merusak dan jika kurang tidak akan menyembuhkan," kata Asep yang menjadi pemateri dalam Kampus Relawan RZ kali ini.
 
Selanjutnya, Asep juga memberikan tips sebelum menggunakan obat, mendapatkan obat yang benar, membuang obat dengan tepat, serta ciri-ciri obat yang sudah rusak.
 
Diawali dengan tips sebelum menggunakan obat. Asep menjelaskan sebelum menggunakan obat sebaiknya konsumen memerhatikan apakah obat yang akan dikonsumsi sudah benar. Lalu pastikan obat masih dalam keadaan baik, baca peringatan dalam kemasan serta pastikan apakah obat bisa langsung digunakan karena beberapa obat harus dihancurkan atau dibuat dalam bentuk puyer terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
 
Tips kedua yaitu mendapatkan obat yang benar, pertama, ucap Asep, perhatikan penggolongan obat apakah obat tersebut masuk ke dalam golongan obat keras, obat bebas terlarang, obat bebas, psikotropika dan narkotika.
 
Kedua, perhatikan peringatan yang ada di brosur kemasan, lalu perhatikan tanggal kadaluarsa dan terakhir, jangan tergiur dengan harga obat yang terlalu murah.
 
Tips berikutnya yang diberikan oleh Asep adalah mengenai membuang obat dengan tepat.
 
"Pertama, hilangkan semua label dari wadah obat. Untuk kapsul, tablet atau bentuk padat lain, hancurkan dulu dan campur obat tersebut dengan tanah atau bahan kotor lainnya lalu masukkan ke plastik dan buang ke tempat sampah. Untuk obat cair, buang ke kloset kecuali antibiotik yang harus dibuang bersama wadahnya dengan menghilangkan label."
 
Intinya, obat harus dimusnahkan dan tidak tersisa karena obat adalah racun, tegas Asep.
 
Terakhir, Asep berbagi mengenai ciri-ciri obat rusak, diantaranya batas kadaluarsa yang sudah dilampaui, kemasan rusak, obat berbau serta rasa dan warna obat berubah.
 
Terkahir, Asep mengingatkan agar masyarakat jangan mudah meniru penggunaan obat orang lain sebelum berkonsultasi dengan dokter dan apoteker di apotek.
 
 
R24/adi/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru