riau24 Rahasia Motor Produksi Indonesia Bisa Tembus Pasar Eropa | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Rahasia Motor Produksi Indonesia Bisa Tembus Pasar Eropa

0
lustrasi produksi sepeda motor Honda Scoopy
Berita Riau -  Rahasia Motor Produksi Indonesia Bisa Tembus Pasar Eropa

Depok, Riau24.com - Ekspor merupakan salah satu cara yang dilakukan para agen pemegang merek (APM) sepeda motor di Indonesia untuk meningkatkan penjualan di tengah melemahnya pasar lokal. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), ekspor sepeda motor sepanjang 2015 mengalami peningkatan 500 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengungkap rahasia kenaikan ekspor pada tahun lalu. Ia menyebut ada sedikit perubahan selera konsumen di luar negeri terhadap bentuk dan fungsi sepeda motor.

"Ada perubahan selera soal mobilitas. Negara tujuan ekspor kami yang dulunya senang motor gede (moge), bahkan sudah mampu beli mobil, kini mencari sepeda motor berukuran kecil. Tren baru pakai sepeda motor kecil untuk berbelanja atapun perjalanan jarak dekat," jelas dia.

Penggunaan moge, lanjut Gunadi, hanya untuk keperluan hobi saja. Perubahan tren ini menjadi keuntungan bagi Indonesia yang banyak memproduksi motor. Bahkan motor produksi Indonesia bisa menembus pasar Eropa.

"Untuk ekspor sendiri kami akan fokus dalam jumlah besar ke Jerman, Belanda, Belgia, dan Inggris. Negara-negara maju ini yang pakai moge hanya untuk senang-senang," lanjut dia.

Ekspor Indonesia pada 2015 memang menorehkan prestasi luar biasa karena mencapai angka 228.229 unit. Perinciannya, Honda 26.199 unit, Suzuki 25.558 unit, TVS 16.195 unit, Kawasaki 9.057 unit, tertinggi Yamaha yang mencapai 151.220 unit.



R24/dev/oke 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru