riau24 Plt Gubri Minta Sektor Perkebunan Riau di Kembangkan | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Plt Gubri Minta Sektor Perkebunan Riau di Kembangkan

0
Berita Riau -  Plt Gubri Minta Sektor Perkebunan Riau di Kembangkan
Pekanbaru, Riau24.com- Tidak dapat dipungkiri, sektor perkebunan telah memberikan kontribusi besar bagi Provinsi Riau. Bahkan sektor perkebunan mampu memberikan multiplayer effect yang besar hingga membuka sejumlah sentra ekonomi baru di Provinsi Riau.
 
Penegasan itu disampaikan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat membuka rapat koordinasi teknis pembangunan perkebunan antara Pemerintah Provinsi Riau dengan kabupaten/kota se Riau.
 
“Sejak sektor perkebunan menggeliat, di Provinsi Riau tumbuh sentra-sentra ekonomi baru seperti di Rokan Hulu, Siak, Rohul hingga Dumai. Di Inhu kita bisa liat ada Airmolek, Belilas dan lain sebagainya,” ujarnya.
 
Dijelaskan Plt Gubernur Riau, saat ini terdapat 3,5 juta hektare areal perkebunan di Provinsi Riau, terdiri dari kelapa sawit, kelapa dan sagu. Dari jumlah tersebut, sektor perkebunan telah memberikan kontribusi 25 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Riau. 
 
“Apalagi jika hilirisasi sektor perkebunan ini telah berjalan dan menjadi manufaktur, pasti akan memberikan kontribusi lebih besar bagi Provinsi Riau,”tambahnya.
 
Karena itu, Plt Gubernur Riau berharap rapat koordinasi teknis ini dapat menghasilkan rumusan agar sektor perkebunan tetap berkelanjutan, karena 50 persen rakyat Riau masih bergantung dari sektor perkebunan.
 
Selain itu, Plt Gubernur Riau juga minta peserta rapat koordinasi teknis pembangunan perkebunan juga memikirkan agar harga kelapa, khususnya yang ada di Kabupaten Inhil tetap stabil sehingga tidak merugikan petani serta pemanfaatan sagu yang lebih luas untuk kebutuhan masyarakat di Riau.
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru