riau24 Kepolisian Sektor Bangko Bangun Kanal Blocking Untuk Antisipasi Karlahut | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kepolisian Sektor Bangko Bangun Kanal Blocking Untuk Antisipasi Karlahut

0
Berita Riau -  Kepolisian Sektor Bangko Bangun Kanal Blocking Untuk Antisipasi Karlahut

Rohil, Riau24.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Kabupaten Rohil, Kepolisian sektor Bangko beserta jajarannya dan masyarakat ikut andil membuat kanal blocking di lahan gambut milik masyarakat di Desa Mulia Kepenghuluan Bagan Jawa Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil Sabtu (5/3/2016).

Pembuatan kanal blocking ini sendiri disponsori PT Ruas Utama Jaya ( RUJ). RUJ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Hutan Tanaman Industri (HTI) partner dari Perusahaan Sinarmas.

Menurut Kapolsek Bangko Kompol Nurhadi Ismanto Senin (7/3/16), pembuatan kanal blocking dilakukan secara semi permanen. Namun jika terjadi penjebolan pada kanal tersebut maka pembangunan kanal akan dilakukan secara permanen.

"Pembuatan kanal yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian Bangko beserta masyarakat bertujuan untuk menahan aliran air supaya tidak terjadi pengeringan pada lahan gambut, sehingga lahan gambut tetap basah. Ini merupakan bentuk upaya pencegahan terjadinya karlahut. Kita tidak mau daerah kita terjadi kebakaran hutan dan lahan yang tak terkendali, makanya setiap lahan gambut musti ada pembangunan kanal blocking", kata Kapolsek lagi.

Nurhadi Ismanto juga menerangkan pembangunan kanal blocking sudah ada 12 lokasi termasuk wilayah Kecamatan Pedamaran. 


R24/dev/yan 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru