riau24 Dishub dan Litbang Perhubungan RI Gelar Rapat Bersama Evaluasi Manjemen Perparkiran | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Dishub dan Litbang Perhubungan RI Gelar Rapat Bersama Evaluasi Manjemen Perparkiran

0
Dishub Evaluasi Parkir
Berita Riau -  Dishub dan Litbang Perhubungan RI Gelar Rapat Bersama Evaluasi Manjemen Perparkiran

Dumai, Riau24.com - Dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai menggelar rapat bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan RI yang membahas tentang Evaluasi Manajemen Perparkiran di Kota Pelabuhan ini.

Rapat yang digelar di kantor Dishub, Jalan HR Soebrantas pada Selasa (8/3) dipimpin langsung oleh Sekretaris Dishub Dumai  Erlina didampaingi Kepala Bidang Darat Dishub Dumai Renhard Ronald dan personel Traffic Light Dishub.

Sementara dari Badan Litbang Perhubungan Jakarta, hadir Kepala Sub. Bidang Penunjang Penelitian Siti Nur Fadhilah dan tiga staff nya yakni Cornia, Agus I Siahaan dan Aleksius.

Dalam rapat tersebut, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi persoalan parkir, diantaranya, parkir (On Street Parking) menjadi salah satu masalah di kota-kota besar dan parkir menjadi salah satu sumber PAD yang belum dioptimalkan.

Kemudian masalah yang dapat ditimbulkan, diantaranya, keterbatasan area tempat parkir, desain area parkir dan sistem perparkiran manual.

Untuk itu, Dishub Dumai bersama Badan Litbang Perhubungan akan mengadakan penelitian yang bertujuan untuk, mengidentifikasi karakteristik parkir on street, Mengidentifikasi kinerja ruas jalan, Mengevaluasi dampak parkir on street, Menentukan potensi kendaraan pada on street parking, Menentukan kapasitas parkir on street parking pada beberapa ruas jalan dan Menentukan manajemen perparkiran yang sesuai untuk Kota Dumai.

“Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, dalam hal penentuan ruas jalan, penentuan titik area parkir, identifikasi karakteristik on street parking, menghitung kapasitas parkir, menghitung potensi kendaraan (mobil dan motor) yang parkir, menghitung kebutuhan parkir serta untuk merancang sistem manajemen parkir yang sesuai untuk kota Dumai,” terang Kabid Perhubungan Darat Renhard Ronald.

Output dalam penelitian ini, diantaranya, karakteristik on street Parking, potensi kendaraan dan sistem manajemen perparkiran yang sesuai.

“Dishub bersama Badan Litbang Perhubungan Pusat akan melakukan survei dibeberapa titik jalan di Kota Dumai diantaranya Jalan Sultan Syarif  Kasim, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Hasanudin,” tukasnya.


R24/dev/dik
 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru