riau24 Fenomena GMT, Masyarakat Dihimbau Jangan Lihat Matahari Secara Langsung | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Fenomena GMT, Masyarakat Dihimbau Jangan Lihat Matahari Secara Langsung

0
Berita Riau -  Fenomena GMT, Masyarakat Dihimbau Jangan Lihat Matahari Secara Langsung
Gerhana matahari total adalah momen ketika matahari sepenuhnya ditutupi bulan dan terdapat 10 provinsi di Indonesia yang bisa menyaksikan fenomena ini dimana daerah tersebut dilintasi oleh bayangan penuh umra bulan.
 
Namun, berdasarkan rilis dari BMKG Riau, Pekanbaru hanya mendapat gerhana matahari sebagian dengan tutupan matahari terhadap bulan sebesar lebih kurang 90 persen. Artinya, Pekanbaru tidak dilewati umra (bayangan inti) bulan tetapi dilewati oleh penumbra (bayangan yang lebih terang) bulan.
 
Hal penting bagi masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari sebagian, harus menggunakan filter baik itu kaca mata khusus gerhana matahari atau teropong agar retina mata tidak rusak karena terkena sinar matahari langsung.
 
Sebab, ketika bulan mulai bersibak lepas dari matahari, maka piringan matahari yang terang itu akan sangat menyilaukan padahal pupil mata sedang membesar dan hal itu bisa merusak retina mata.
 
Gerhana Matahari Sebagian di Kota Pekanbaru mulai pukul 06:22:14.2 WIB, puncak gerhana pukul 07:21:49.2 WIB, gerhana berakhir pukul 08:29:32.2 WIB dan lama gerhana selama 2 jam 7 menit 9.0 detik.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru