riau24 Cara Cerdas Pilih Kartu Kredit | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Cara Cerdas Pilih Kartu Kredit

0
Berita Riau -  Cara Cerdas Pilih Kartu Kredit

Jakarta, Riau24.com - Hal utama yang diharapkan dari sebuah kartu kredit sudah tentu kemudahan bertransaksi dan berbagai macam fitur menarik di dalamnya.
Meski berbeda dan ditentukan oleh kebijakan masing-masing bank penerbit, namun pada umumnya kartu kredit memiliki fungsi dan manfaat yang hampir sama, yakni sebagai alat pembayaran saat berbelanja.
Beragam fitur yang berbeda di dalam masing-masing kartu kredit, membuat banyak orang memiliki lebih dari satu jenis kartu kredit di dalam dompetnya. Barangkali Anda juga.

Ini akan sangat tergantung pada jenis kebutuhan dan aktivitas yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, di mana kita sering memanfaatkan kartu kredit dalam menunjang berbagai macam aktivitas kita.

Namun, apa jadinya bila ternyata kartu kredit yang kita miliki hanya dilengkapi dengan fitur standar dan tidak mempunyai banyak fitur unggulan yang memberikan keuntungan? Hal ini tentu akan sangat merugikan kita sebagai pengguna kartu kredit yang aktif. Untuk itu hindari kartu kredit yang memiliki kriteria seperti di bawah ini:

1. Tidak memberikan reward

Pada umumnya hampir semua kartu kredit memiliki program reward yang bisa didapatkan dari transaksi belanja yang kita lakukan. Namun hal ini akan sangat tergantung pada bank penerbit kartu.

Meski hampir setiap bank memiliki kartu kredit yang menggunakan fitur ini, namun ada beberapa kartu kredit jenis tertentu yang mereka terbitkan tanpa menggunakan reward, tapi justru memiliki keunggulan lainnya.

Reward yang pada umumnya dikumpulkan dalam bentuk poin ini, akan sangat lumayan bila dikumpulkan dan ditukarkan dalam periode tertentu. Beberapa bank memberinya dalam bentuk potongan harga atau berbagai barang dengan penawaran menarik dalam katalog bulanan.

Tapi, ada juga bank yang menawarkan penukaran reward dalam bentuk rupiah yang bisa kita gunakan untuk berbelanja. Lumayan bukan, bila kita bisa mengumpulkan banyak reward tiap bulannya.

2. Suku bunga tinggi

Jangan sepelekan bunga kartu kredit, karena suku bunga yang dikenakan pada kartu kredit tergolong sangat besar, yakni sekitar 2,5 persen - 4 persen setiap bulannya. Bagi Anda yang suka menunggak tagihan kartu kredit, maka hal ini akan sangat memberatkan bukan?

Hindari memiliki sebuah kartu kredit yang mengenakan bunga tinggi. Hal ini akan sangat membebani keuangan Anda, terutama bila Anda sering lalai dalam melakukan pembayaran atau sering membayar tagihan secara tidak penuh maupun hanya membayar tagihan secara minimum payment.

3. Limit kecil

Limit yang kecil identik dengan jumlah kartu yang banyak, terutama bagi Anda yang memiliki sejumlah kepentingan atau kebutuhan yang selalu menggunakan kartu kredit, misalnya sering bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Hal tersebut tentu saja akan sangat merepotkan bukan?

Jumlah kartu kredit yang banyak akan membuat Anda kerepotan menghitung berbagai macam tagihan yang terpisah dan beberapa tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda bagi setiap kartunya.

Minta pihak bank menaikkan limit kredit Anda. Bila tidak memungkinkan maka ada baiknya Anda menutup semua kartu kredit yang memiliki limit kecil, lalu Anda bisa mengajukan kembali satu kartu kredit di bank lainnya yang menawarkan limit kredit yang lebih besar.

4. Berbagai macam biaya yang tinggi

Ada banyak biaya yang dikenakan oleh bank terkait dengan penggunaan kartu kredit Anda, beberapa di antaranya akan dipungut setiap bulannya. Untuk itu, Anda perlu mencermati berbagai macam besaran biaya tersebut dan membandingkan antara satu bank dengan bank lainnya, sehingga Anda tahu kartu kredit mana yang harus digunakan selanjutnya.

5. Tidak memiliki masa tenggang

Meski pada umumnya bank akan memberikan masa tenggang terkait dengan pemakaian kartu kredit Anda, namun ada juga bank yang tidak menerapkan hal tersebut di dalam kartu kredit mereka.

Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan dan membebani kantong Anda. Hindari menggunakan kartu kredit yang tidak memiliki masa grace period karena hal ini akan membuat Anda berisiko terkena sejumlah bunga setiap bulannya.

Pilih kartu kredit yang terbaik

Ada banyak bank yang menyediakan produk kartu kredit dalam layanan mereka. Anda sebagai nasabah hanya perlu jeli dan pintar dalam memilih jenis kartu terbaik dan paling menguntungkan bagi Anda. Pilih dan gunakan kartu kredit Anda dengan bijak, hal ini akan membantu untuk mengelola pengeluaran dan membuat keuangan tetap sehat.


R24/dev/viv 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru