riau24 Gerhana Matahari Juga Terlihat dari Hawaii, Pertama Sejak Tahun 1991 | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Gerhana Matahari Juga Terlihat dari Hawaii, Pertama Sejak Tahun 1991

0
Berita Riau -  Gerhana Matahari Juga Terlihat dari Hawaii, Pertama Sejak Tahun 1991

Honolulu, Riau24.com - Selain Singapura, Hawaii juga akan mengalami gerhana matahari parsial atau sebagian. Gerhana matahari ini merupakan yang pertama terjadi di wilayah Amerika Serikat ini sejak tahun 1991 lalu.

Seperti dilansir media setempat, mauinow.com, Rabu (9/3/2016), jalur gerhana matahari melintasi bagian selatan Kepulauan Hawaii yang terletak di barat laut. Namun wilayah utama Kepulauan Hawaii hanya akan melihat gerhana matahari parsial karena tidak berada di jalur langsung.

Menurut para pakar setempat, gerhana matahari parsial akan terjadi di Hawaii pada Selasa (8/3) sekitar pukul 16.33 waktu setempat. Zona waktu Hawaii lebih lambat 17 jam dari zona waktu Jakarta.

Bishop Museum J. Watumull Planetarium melaporkan bahwa bulan akan membayangi matahari hingga 70 persen pada puncak gerhana matahari parsial di Hawaii. Puncaknya diprediksi terjadi sekitar pukul 17.37 waktu Hawaii.

Menurut informasi pihak planetarium, gerhana matahari di Hawaii akan berakhir sekitar pukul 18.33 waktu setempat, atau menjelang matahari tenggelam.

Dengan letak Hawaii yang berada di tengah Samudera Pasifik, posisi matahari akan sangat rendah di langit ketika gerhana terjadi, sehingga dibutuhkan langit cerah di bagian barat negara tersebut. Diperkirakan bahwa gerhana akan terjadi ketika matahari berada di posisi 14 derajat di atas cakrawala.

Dalam informasinya, pihak planetarium juga memperingatkan agar warga tidak melihat langsung gerhana tanpa perlindungan. "Jika bagian korona matahari masih terlihat, ada bahaya kerusakan mata permanen," sebut pihak planetarium.

Hyatt Regency Maui Resort and Spa yang ada di Pulau Maui, menggelar acara nonton bareng gerhana matahari parsial. Para tamu hotel bisa melihat gerhana dengan kacamata khusus yang disediakan pihak hotel atau bisa juga menggunakan teleskop yang disediakan di lobi hotel.


R24/dev/det 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru