riau24 Kawasan Tahura Diserobot Oknum Tak Bertanggung Jawab, Dishut Riau di Duga 'Tertidur' | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kawasan Tahura Diserobot Oknum Tak Bertanggung Jawab, Dishut Riau di Duga 'Tertidur'

0
Berita Riau -  Kawasan Tahura Diserobot Oknum Tak Bertanggung Jawab, Dishut Riau di Duga 'Tertidur'
 
Pekanbaru, Riau24.com - Hingga kini, polemik kawasannya Taman Hutan Raya (Tahura) tidak tuntas penanganannya. Pasalnya masih terjadi penyerobotan lahan, yang seakan kawasan hutan dilindungi ini tidak dijaga pemerintah melalu instansi terkait.
 
Kawasan Tahura, yang masuk di dalam tiga kabupaten/kota. Yaitu ada Pekanbaru, Kampar dan Siak ini masih tetap menjadi incaranya perambah hutan. Kawasan hutan dikenal sebutan Tahura SSK II ini, seluasan sekitar 6.172 hektar. Hal ini, sebahagian luluh lantah.
 
Karena sekitar 4.000 hektar, telah dikuasai atau didiami masyarakat.
Tahura ini ada disulap jadi kebun, atau artinya ini sekitar 60 persen dari total luas kawasan Tahura itu dikuasai beberapa oknum-oknum, baik secara perorangan atau pun kelompok, dan perusahaan.
 
Tahura habis digasak oknum tak bertanggung jawab dan juga ada dialihfungsikan ini, tentunya suatu pertanyaan keseriusanya instansi terkait di Riau untuk amankan itu. "Kita melihat ini Dishut Riau, tidak berhasil melakukan pengamanan kawasan Tahura," katanya.
 
Ini disampaikannya Ketua Umum Yaspani Yustisia, Hariyanto pada wartawan. Dikatakanya, terkesan
pengawasan instansi terkait pada aset daerah ini kurang maksimal. Akhirnya, dapat terlihat kawasan Tahura SSK II, tetap luluh lantah diakibat ada penyerobotan.
 
"Keberadaan kawasan Tahura itu semakin lama dan semakin habis dikuasai oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Tapi, setakat ini keseriusan Dishut Riau selaku instansi terkait, itu terkesan tidak maksimal melakukan kebijakanya kawasan ini," ungkapnya.
 
Kawasan Tahura tersebut saat ini ada dijadikan perkebunan kelapa sawit oleh beberapa oknum. Ada seperti berinisial jmd warga yang berada di Rumbai, Jalan Sri Palas ini berkebun 300 hektare. Pokoi alias Atur di Jalan A Yani ini juga kuasai seluas 170 hektare.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru