riau24 Semakin Maraknya Pencurian di Rohul, Warga Diminta Aktifkan Siskambling | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Semakin Maraknya Pencurian di Rohul, Warga Diminta Aktifkan Siskambling

0
Berita Riau -  Semakin Maraknya Pencurian di Rohul, Warga Diminta Aktifkan Siskambling

Rohul, Riau24.com - Camat Rambah Arie Gunadi menghimbau kepada seluruh kepala desa yang ada di Rokan Hulu untuk kembali mengaktifkan Siskamling atau Ronda.

Dirinya mengakui, saat ini aksi pencurian semakin marak terjadi di kecamatan Rambah, kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Namun belakangan ini pos ronda yang ada di kecamatan Rambah sudah tidak aktif berjalan. Terakhir kali sistem Ronda dilakukan pada saat Pemilihan Kepala Daerah tanggal 9 Desember 2015 lalu . 

"Sejauh ini saya belum mendapat laporan yang pasti, namun sempat tersiar kabar kalau ditengah-tengah masyarakat sering terjadi pencurian di ibu kota kecamatan. Hal ini membuat warga semakin resah. Oleh karena mengingat begitu pentingnya Siskambling, maka hendaklah Siskambling perlu diaktifkan kembali. Sehingga keamanan dan kenyamanan di masing-masing lingkungan bisa dirasakan. Karena yang mengetahui kondisi kampung atau lingkungan, hanyalah masyarakat sekitar," tuturnya.

Arie juga menghimbau kepada masyarakat, terlebih anak kos untuk selalu waspada saat meninggalkan rumah maupun saat berada di dalam rumah. Pasalnya, para pelaku pencurian saat ini, tengah mengincar lokasi anak-anak kos.

"Jangan lupa tutup pintu dan jendela, sebelum tidur dan saat meninggalkan rumah. Karena lengah sedikit saja barang-barang kita bisa raib," himbaunya.

Sebelumya, aksi pencurian yang mengincar handphone juga sudah mulai menghantui sejumlah warga di kawasan Desa Pematang Berangan satu bulan belakangan ini. Bahkan, para pencuri kini memiliki modus baru dalam mencuri, yakni dengan mengambil hand phone (HP) lewat jendela dengan gunakan galah (kayu panjang) yang ujungnya diberi lem (perekat) seperti yang terjadi di kos-kosan milik Dayat Jalan Rambutan Desa Pematang Berangan yang mengakibatkan dua unit HP merk Samsung raib.

"Bukan hanya saya saja yang kehilangan handphone. Salah satu salon kecantikan di Desa Rambah Tengah ini juga dimasuki maling. Maling masuk melalui pintu belakang. Pencuri berhasil menyikat tabung gas 12 kg. Inikan sudah sangat meresahkan sekali," tutur seorang warga, Adi dari Kubu Manggis Desa Rambah Tengah Utara (RTU) yang turut menjadi salah satu korban pencurian didesanya.



R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru