riau24 Tim Penggugat Asap Riau Serahkan Berkas Gugatan ke Kuasa Hukum | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Tim Penggugat Asap Riau Serahkan Berkas Gugatan ke Kuasa Hukum

0
Tim Penggugat Asap Riau Serahkan Berkas Gugatan kepada Tim Kuasa Hukum
Berita Riau -  Tim Penggugat Asap Riau Serahkan Berkas Gugatan ke Kuasa Hukum
Pekanbaru, Riau24.com- Setelah melakukan longmarch dari Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru menuju Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, perwakilan kepentingan hukum masyarakat Riau yakni Al Azhar sebagai Ketua Umum LAM Riau, Riko Kurniawan yang merupakan Direktur WALHI Riau, Heri Budiman dari Rumah Budaya Sikukeluang dan Woro Supartinah dari Jikalahari serahkan berkas gugatan asap Riau ke tim kuasa hukum, Kamis (10/3/2016).
 
Koordinator Tim Kuasa Hukum, Indra Jaya mengatakan, agar hukum memperlihatkan keberpihakannya kepada lingkungan berikut hak dasar masyarakat Riau yang sudah gagal dipenuhi negara selama hampir 2 dekade belakangan ini, pihaknya meminta agar Ketua PN Pekanbaru menunjuk Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili gugatan Citizen Law Suit (CLS) ini adalah majelis yang salah satunya adalah hakim yang bersertifikat lingkungan.
 
Selain itu, dia juga meminta agar publik ikut serta secara aktif mengambil bagian untuk mengikuti berbagai proses persidangan yang akan berlangsung di PN Pekanbaru.
 
Merespon apa yang disampaikan Indra, Koordinator Aksi yang menyertai pendaftaran gugatan CLS Asap, Rian Sibarani menyebutkan bahwa akan ada pengorganisiran massa setiap sidang-sidang gugatan CLS Asap ini nantinya.
 
"Komitmen mengawal tahapan CLS ini telah kami mulai pada hari ini dengan turut serta bersama masyarakat Riau mengawal proses pendaftaran gugatan CLS di Kepaniteraan PN Pekanbaru," sebutnya.
 
Salah satu penggugat, Heri Budiman, juga berkomentar bahwa ketika asap terjadi beberapa bulan lalu, mayoritas masyarakat Riau yang menyuarakan agar ada langkah hukum seperti gugatan CLS yang disampaikan hari ini, agar asap kembali tidak berulang. Jadi, gugatan ini merupakan suara Rakyat Riau, jadi bukan suatu hal yang sulit untuk hadir memenuhi ruang pengadilan untuk membuktikan kita tidak lupa bahwa asap pernah memenuhi paru, memerihkan mata dan meluluhlantahkan kehidupan kita.
 
Terakhir, Direktur WALHI Riau, Riko Kurniawan, mengungkapkan bahwa ia dan penggugat lainnya percaya bahwa proses peradilan yang akan diikutinya tidak akan mengecewakan masyarakat Riau.
 
"Kami percaya proses peradilan yang akan kami ikuti tidak akan mengecewakan masyarakat Riau, kami percaya PN Pekanbaru akan melahirkan sejarah dengan melahirkan putusan yang pro pada kepentingan lingkungan dan masyarakat Riau. Apalagi beberapa bulan lalu, para Hakim di pengadilan ini juga merasakan pekatnya asap akibat kebakaran hutan dan lahan dari praktik buruk pengelolaan sumber daya alam," tutupnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru