riau24 KPU Masih Pesimistis Soal E-Voting | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

KPU Masih Pesimistis Soal E-Voting

0
Berita Riau -  KPU Masih Pesimistis Soal E-Voting

Jakarta, Riau24.com - Gagasan untuk menerapkan e-voting (pemungutan suara elektronik) dalam pemilu kembali menyeruak. Perkembangan itu muncul dalam pembahasan draf revisi UU Pilkada yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa pekan terakhir. Meski begitu, KPU masih pesimistis model e-voting bisa diterapkan secara nasional.

''Bagaimana mau e-voting kalau kita sendiri belum memastikan fasilitas internet dikelola (dengan baik, Red) di seluruh Indonesia,'' kata Ketua KPU Husni Kamil Manik Husni di Jakarta. Dia mengakui, e-voting merupakan metode yang baik. Namun, pemerintah harus menyiapkan sarana dan prasarananya lebih dahulu.

Menurut dia, KPU telah mengkaji praktik e-voting di beberapa negara. Ternyata dibutuhkan waktu, biaya, tenaga, dan persiapan yang sangat panjang untuk merealisasikannya. Jika persoalan teknis belum sempurna, e-voting justru berpotensi mengacaukan proses pemilu.

Dia mencontohkan e-voting di Filipina. Di sana berbagai kelemahan teknis e-voting dipolitisasi masing-masing peserta pemilu demi mencapai kepentingan kelompoknya. ''Yang menyampaikan itu mantan ketua KPU Filipina saat bertemu di Bangkok,'' kata Husni.

Karena itu, dia menilai e-voting belum bisa diterapkan di Indonesia secara nasional dalam waktu dekat. Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Husni mengisyaratkan, metode yang dipilih masih bersifat manual dengan cara mencoblos.


R24/dev/jwa 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru