riau24 Bupati Rohil Harapkan Gali Potensi Daerah | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Bupati Rohil Harapkan Gali Potensi Daerah

0
Berita Riau -  Bupati Rohil Harapkan Gali Potensi Daerah

Rohil, Riau24.com - Pemerintah Rohil menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Instansi Pengelolahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam rangka 0ptimalisasi Penerimaan pendapatan daerah tahun 2016.

Pada pembukaan acara itu, Bupati Rohil H. Suyatno mengatakan " Rohil memiliki lahan perkebunan sawit yang sangat luas dan memiliki banyak potensi daerah. Sementara pendapatan asli dari pajak dan restribusi daerah masih sangat kecil. Tahun 2016 ini dana perimbangan dari Dana Bagi Hasil (DBH) menurun tajam sehingga APBD tahun ini mengalami defisit sebesar Rp 812 milyar. Maka dari itu potensi daerah harus kita garap seoptimal mungkin. Dan diharapkan jangan berharap lagi dari DBH ", hal itu disampaikan oleh Bupati di Gedung Serba Guna pada hari Kamis 10/3/16 Bagansiapiapi.

" Solusi kedepannya terletak pada Dinas Pendapatan Daerah agar kedepannya dapat lebih aktif dalam menjemput bola untuk mencari dana pendapatan asli daerah guna menopang terlaksana pembangunan daerah kita", tambah H. Suyatno .

Bupati mengakui bahwa Rohil memiliki banyak perusahaan yang berinvestasi dibidang perkebunan lahan kebun dan hingga saat ini tercatat sekitar seratus ribu hektar, namun untuk pajak perkebunan itu masih dipungut oleh pusat dan bukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Rohil.

" Kalau pusat memberikan wewenang daerah untuk mengelolanya kemungkinan besar jalan-jalan didaerah Rohul bisa dibuat jalan tol semuanya. Namun pada kenyataannya, kabupaten hanya diberi mengurus daerah tetapi yang menerima hasilnya adalah pusat. 

"Saya minta kepada camat penghulu guna menerapkan pungutan pajak PBB daerah",  kata Bupati yang mengakui bahwa dirinya lebih tahu bagaimana tugas camat karena ia pernah menjabat posisi tersebut.

Selain itu, Bupati juga berharap agar Pemda bisa mengangkat potensi wisata daerah. Seperti wacana membuka lintas wisata jalur laut trayek Bagansiapiapi Via Pulau Jemur. Potensi wisata laut di Pulau Jemur ini sangat bagus. Disamping dapat membuka lapangan kerja dan juga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah.

Pemkab Rohil juga akan menyiapkan kapal penumpang dengan kapasitas muatan 100 orang. Di Pulau Jemur juga telah disiapkan tukek penyu yang siap dilepaskan ke pantai Pulau Jemur. Dan dalam waktu dekat pemerintah juga akan meninjau pembuatan kapal seperti yang ada di kota Batam. Dengan adanya beberapa boat-boat pancing yang bisa disewakan dapat menambah pendapat dan juga dapat menggali potensi wisata.


R24/dev/yan 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru