riau24 Pemko Pekanbaru Resmi Berlakukan Kantong Plastik Berbayar | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pemko Pekanbaru Resmi Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

0
Berita Riau -  Pemko Pekanbaru Resmi Berlakukan Kantong Plastik Berbayar
Pekanbaru, Riau24.com- Guna menyukseskan program pemerintah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hari ini resmi memberlakukan kantong plastik berbayar kepada seluruh swalayan dan ritel.
 
"Mulai hari ini, semua swalayan dan ritel di Pekanbaru akan memberlakukan kantong plastik berbayar seharga 200 rupiah per lembar," ujar Walikota Pekanbaru, Firdaus.
 
Meskipun Pekanbaru saat ini meluncurkan penggunaan kantong plastik berbayar sesuai degan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
" Namun beberapa ritel sebelumnya telah melakukan uji coba dan pengelola ritel sebaiknya menanyakan terlebih dahulu kesediaan konsumen untuk membayar kantong plastik tersebut", tambahnya lagi.
 
"Kalau konsumen tidak bersedia, jangan dipaksa," kata Firdaus dalam acara Hari Puncak Peduli Sampah Kota Pekanbaru dan Peluncuran Plastik Berbayar 2016, Minggu (13/3/2016).
 
Setelah diberlakukannya program ini, Firdaus menyarankan masyarakat untuk bisa membawa tas belanja sendiri dari rumah dan tentu bukan berbahan plastik.
 
Penerapan plastik berbayar di Pekanbaru ini akan ditangani oleh empat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yaitu Badan Lingkungan Hidup (BLH) selaku leading sektor, DKO, Disperindag, Koperasi dan UMKM.
 
Secara teknik, Pemkot saat ini tengah menggodok peraturan Walikota yang akan menjadi petunjuk teknis pengeloaan kantong plastik berbayar dan akan diterbitkan bulan ini juga.
 
"Didalam Peraturan Walikota itu nantinya akan diatur penggunaan uang hasil penjualan kantong tersebut," pungkasnya.
 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru