riau24 Gara-gara Dilarang Masuk Palestina, Menlu Retno Lantik Konhor RI Ramallah di Amman | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Gara-gara Dilarang Masuk Palestina, Menlu Retno Lantik Konhor RI Ramallah di Amman

0
Berita Riau -  Gara-gara Dilarang Masuk Palestina, Menlu Retno Lantik Konhor RI Ramallah di Amman
 
Jakarta, Riau24.com - Menlu RI Retno Marsudi melantik Konsul Kehormatan (Konhor) pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh. Pelantikan dilakukan di KBRI Amman, sebab Menlu dan rombongan dilarang otoritas Israel memasuki Ramallah.
 
Pelantikan Konhor Indonesia di Palestina dihadiri Menlu Palestina, Riyad al-Maliki, para Duta Besar negara-negara ASEAN dan OKI di Amman, Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, Duta Besar RI untuk Yordania, Teguh Wardoyo, serta para tokoh dan pejabat pemerintahan Palestina dan Yordania. 
 
Dikutip dari keterangan resmi Kemlu, Minggu (13/3), pelantikan dilakukan di KBRI Amman karena beberapa saat menjelang keberangkatan Menlu RI beserta delegasi menuju Ramallah, Israel tidak memberikan izin over flight bagi helikopter Angkatan Udara Yordania yang akan membawa Menlu RI. 
 
Dalam sambutannya, Menlu Retno menyampaikan pelantikan dan pembukaan kantor Konsul Kehormatan di Ramallah merupakan bukti nyata dukungan Indonesia terhadap Palestina. 
 
"Dukungan Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina tidak pernah padam dan pada hari ini kita maju satu langkah lagi dengan pelantikan Konsul Kehormatan RI di Ramallah," ujar Menlu Retno.
 
Dalam upacara pelantikan, Menlu RI meminta Konhor RI di Ramallah untuk dapat berperan aktif untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. "Saya harap Konhor RI di Ramallah dapat menjadi penyambung tali persaudaraan Rakyat Indonesia dan Palestina," imbuh Retno.
 
Selain mendekatkan hubungan bilateral kedua negara, Konhor RI di Ramallah juga memiliki tugas untuk memberikan pelayanan dan perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, meningkatan hubungan dan kerjasama ekonomi dan sosial budaya.
 
Serta melakukan promosi ekonomi, perdagangan, pariwisata, investasi, tenaga kerja dan jasa; serta melakukan promosi sosial budaya.
 
Dibukanya Konsul Kehormatan RI di Ramallah merupakan konsul kehormatan pertama di antara 41 kedutaan besar dan konsul asing di Rammallah. Sedangkan Konsul Kehormatan asing di Palestina lainnya yang saat ini berada di Bethlehem.
 
Hubungan perdagangan antara Indonesia dan Palestina telah meningkat hampir 3 kali lipat dari USD 1,02 juta pada tahun 2014 menjadi USD 3,67 juta pada tahun 2015. Sekitar 50 ribu wisatawan Indonesia setiap tahunnya juga berkunjung ke Palestina termasuk peziarah Muslim dan Nasrani. 
 
R24/rul/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru