riau24 Usai Cetak Rekor, Astronot Scott Kelly Pensiun Bulan Depan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Usai Cetak Rekor, Astronot Scott Kelly Pensiun Bulan Depan

0
Berita Riau -  Usai Cetak Rekor, Astronot Scott Kelly Pensiun Bulan Depan

Riau24.com – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan astronot mereka, Scott Kelly pensiun per 1 April nanti. Kelly merupakan astronot yang mencetak rekor hidup di antariksa, yaitu selama 340 hari.

Scott Kelly belum lama ini telah menyelesaikan misi penjelajahan nyaris satu tahun di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Kelly mendarat ke bumi dengan lancar dan selamat bersama dua kosmonot asal Rusia pada awal bulan ini.

Meski pensiun pada bulan depan, tetapi Kelly tak akan berhenti untuk berkontribusi dalam riset antariksa. Setelah pensiun, pria usai 52 tahun itu akan melanjutkan riset yang terkait dengan misi satu tahunnya di antariksa.

Diketahui, misi satu tahun tersebut merupakan salah satu tahapan untuk mengetahui kondisi tubuh astronot yang hidup dalam waktu panjang di ruang nol gravitasi. Bekal riset tersebut, nantinya menjadi landasan bagi misi berawak ke Planet Mars.

"Misi setahun ini adalah tantangan yang sangat besar dan ini memberi perspektif unik kepada saya dan banyak waktu untuk merefleksikan tahapan selanjutnya. Tahapan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kapabilitas kita dalam antariksa dan di bumi," kata Kelly dalam pernyataanya dikutip dari Space, Minggu 13 Maret 2016.

Kelly mengaku kariernya bersama NASA telah memberikan peluang yang luar biasa. Ia juga merasa senang dengan peluang baru untuk terlibat dalam riset NASA dan bekerja sama dengan pemimpin teknologi dan generasi pecinta sains.

"Saya kagum dan gembira dengan peluang baru bagi saya untuk mendukung dan berbagi pekerjaan menakjubkan bersama NASA untuk membantu kita dalam perjalanan jauh ke dalam Tata Surya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, secara total, Kelly telah hidup di antariksa selama 520 hari dari empat misi yang dijalankannya. Empat misi tersebut adalah STS-103 bersama Pesawat Discovery pada 1999, STS-118 bersama pesawat Endeavour ke ISS pada 2007, misi Expedition 26 yang berakhir pada Maret 2011. Misi terakhirnya yang berjalan dengan 340 hari.

Dari misi terakhir ini, dia telah memecahkan rekor, hidup di antariksa selama 340 hari. Misi yang dijalani Kelly bertajuk Year in Space, merupakan yang terlama yang Kelly lalui bertugas dalam kondisi nol gravitasi. (asp)

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru