riau24 SMP N 1 Mempura Toreh Prestasi Tingkat ASEAN | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

SMP N 1 Mempura Toreh Prestasi Tingkat ASEAN

2
Berita Riau -  SMP N 1 Mempura Toreh Prestasi Tingkat ASEAN
Siak, Riau24.com- SMPN 1 Mempura Kabupaten Siak torehkan prestasi membanggakan di tingkat ASEAN. Prestasi tersebut adalah berhasil keluar sebagai juara harapan I dalam ajang pencarian peneliti muda ASEAN yang ditaja oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization - Regional Centre for Education in Science and Mathematics (SEAMEO-RECSAM), oraganisasi mentri pendidikan ASEAN bidang IPA dan matematika.
 
"Alhamdulillah, anak Siak hebat, bisa juara harapan I ditingkat ASEAN dalam ajang kompetisi ilmiah. Saya bersyukur dan bangga sekali," kata Bupati Siak Syamsuar
 
Meskipun hanya berhasil keluar sebagai harapan I, tetapi menjadi sejarah baru bagi SMPN 1 Mempura dan Kabupaten Siak secara umum. Sebab, mereka tidak memasang target masuk juara sebelum berangkat ke Penang, Malaysia dalam lomba tersebut. Sementara hasil penelitian yang dipaparkan adalah efek penyiraman ekstrak serai terhadap tumbuhan kangkung.
 
Informasi yang didapat, juara I diraih oleh sekolah berasal dari Filipina, juara II diraih oleh sekolah yang juga berasal dari Filipina dan juara III disandang oleh SMA 38 Jakarta dan harapan I SMPN 1 Mempura.
Sedangkan peserta yang ikut dari SMPN 1 Mempura adalah siswa-siswi yang masih duduk di kelas VIII. Mereka adalah Asmawati, tinggal kampung Suak Rengas, Ade Arya Irawan tinggal di Kampung Benteng Hulu, Syafiga Arinda juga tinggal di Benteng Hulu dan Muhamad Iqbal Subakti tinggal di Kampung Tengah dalam kawasan Kecamatan Mempura.
 
Merekalah yang menemukan efek penyiraman ekstrak tanaman serai terhadap pertumbuhan tanaman kangkung. Dengan fermentasi yang terukur, mereka berhasil mengembangkan pengaruh senyawa kimiawi serai untuk tanaman kangkung yang lebih berkualitas, berdaya beli dan sangat enteng bila dimanfaatkan untuk keperluan pelaku usaha tanaman kangkung ini.
 
Hasil penelitian tersebut menjadi sempurna berkat arahan pembimbingnya Edy Syahputra dan dukungan pihak sekolah. Saat ia tawarkan ke SEAMEO RECSAM September 2015 lalu, organisasi ilmuwan itu ternyata merespon. Undangan untuk mengikuti ajang pencarian peneliti muda ASEAN yang digelar di Penang, Malaysia 7-11 Maret 2016 ini, sudah diperoleh SMPN 1 Mempura sejak akhir Desember 2015 lalu.
 
Mereka menjadi satu dari tiga utusan Republik Indonesia untuk iven bertajuk pencarian peneliti muda ASEAN ini. Dua sekolah lain masing-masing berasal dari Malang dan Solo. Sedangkan SMPN 1 Mempura berawal dari keberanian murid secara pribadi, untuk mencoba-coba menawarkan hasil penelitiannya.
 
 
R24/adi/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Bombom
Selasa, 15 Maret 2016 09:46 wib
semoga bisa jadi contoh untuk kedepannya
Lina
Selasa, 15 Maret 2016 09:46 wib
harusnya sekolah macam ini diperbanyak diriau
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru