riau24 Anggaran Pembuatan KIA Diusulkan Disdukcapil di APBD P 2016 | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Anggaran Pembuatan KIA Diusulkan Disdukcapil di APBD P 2016

2
Berita Riau -  Anggaran Pembuatan KIA Diusulkan Disdukcapil di APBD P 2016
Dumai, Riau24.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai saat ini tengah menyusun anggaran pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk diajukan di APBD Perubahan Dumai 2016.
 
“Saat ini kita tengah menyusun anggaran untuk pembuatan Kartu Identitas Anak yang akan diajukan di APBD Perubahan Dumai 2016. Mengenai seberapa besar anggaran yang diusulkan untuk pelaksanaan program ini, belum bisa saya sebutkan,” ujar Kadisdukcapil Suardi.
 
Namun, pihaknya masih akan terus berkonsultasi ke Pemerintah Pusat terkait usulan anggaran tersebut. Pasalnya dari informasi yang diterima, Pemerintah Pusat hanya akan membantu dalam pembuatan blanko KIA, sementara untuk tinta dan perangkat lainnya masih akan dianggarkan melalui APBD Kota Dumai.
 
Konsultasi yang dilakukan untuk memastikan jenis tinta yang digunakan dan harganya sehingga tidak salah dalam mengusulkan anggaran. Selain itu apa saja yang akan dibiayai melalui APBD akan kita dipertanyakan ke Pemerintah pusat.
 
“Jika usulan di APBD Perubahan 2016 disetujui, 2017 nanti seluruh anak di Kota Dumai akan memiliki KIA,”jelasnya.
 
Menurut Suardi, Kementerian Dalam Negeri memberlakukan aturan kependudukan baru mulai 2016 ini. Dimana Balita dan anak-anak kini wajib memiliki Kartu Identitas Anak sebagai salah satu pemenuhan administrasi kependudukan.
 
Ketentuan itu mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.
 
Selain sebagai identitas diri, KIA juga sebagai bentuk pemenuhan hak konstitusional sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mengurus administrasi seperti pendaftaran sekolah, menabung di bank, pemeriksaan kesehatan di Puskesmas dan lain sebagainya.
 
“Didalam KIA akan tertera nama, alamat, nama orang tua, nomor kartu penduduk, dan sejumlah identitas diri lainnya,”tukas mantan Kakan Pasar Kota Dumai itu.
 

 
R24/adi/dik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Bunga
Selasa, 15 Maret 2016 09:39 wib
Setuju.. dengan adanya program seperti ini jadi anak-anak bisa dapat dipermudah dalam administrasi
Jufri
Selasa, 15 Maret 2016 09:38 wib
baguslah, kota Dumai semakin memiliki ide kreatif untuk masyarakatnya
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru