riau24 Melestarikan Kesenian Gondang Barogong | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Melestarikan Kesenian Gondang Barogong

2
Kesenian Gondang Barogong
Berita Riau -  Melestarikan Kesenian Gondang Barogong

Rohul, Riau24.com - Salah satu upaya untuk menjaga kesenian asli Rokan Hulu (Rohul) Gondang Barogong agar tetap diminati kalangan generasi muda, pimpinan juga pembina kesenian Amrizal MZ akan memperkenalkan ke para pelajar ke sekolah-sekolah, mulai ke SD, SMP, hingga SMA.

Kesenian Gondang Barogong Kalinco yang terletak di Jalan Kubu Manggis Desa Rambah Tengah Utara (RTU) Kecamatan Rambah binaan Amrizal ini sudah lama berdiri. Para pelaku kesenian adalah dari kalangan pemuda, para pelajar, dan kini terus mendapatkan pembinaan baik.

Para pelajar dilibatkan dengan harapan keberadaan Kesenian Gondang Barogong tetap lestari dan tidak hilang ditelan zaman.

Amrizal mengungkapkan ada tiga grup Kesenian Gondang Barogong di tiga sekolah saat ini, yakni SMA Negeri 1 Rambah, SMK Negeri 1 Rambah, termasuk SD Negeri 03 Rambah.

"Kita berharap ke depannya generasi muda Rokan Hulu tetap cinta dengan kesenian khas ini," ujar Amrizal.

Salah satu group kesenian yang tertarik untuk mempelajari kesenian ini adalah Group Bonai Baringing SMAN 1 Rambah. Di bawah binaan guru olahraga dan Kesenian, Nengki Tornado S.Pd, turut mendampingi 15 pelajar untuk belajar Gondang Barogong di rumah Amrizal.

Amrizal mengakui para pelajar sangat antusias belajar kesenian. Ia berharap, kedepan pelajar lain mengikuti jejak dalam melestarikan kesenian dan Gondang Barogong asli Rohul.

"Kita siap membantu dan mendampingi pelajar yang ingin belajar Gondang Barogong, dan kita siap membuka diri," janji Amrizal.

Nengki mengakui sudah dua bulan dirinya dan beberapa pelajar latihan Kesenian Gondang Barongong. Menurutnya, belajar kesenian merupakan salah satu kegiatan ekstra kulikuler di sekolahnya.

"Mereka akan mengikuti pentas seni akbar di SMAN 1 Rambah yang digelar setiap bulan Maret. Kreatifitas kesenian banyak ditampilkan, seperti drum band, Pramuka, PMR School Poly, Rohis, Sipala, lomba geografi, matematika, biologi kimia dan lainnya," jelas Nengki.


R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Uli
Selasa, 15 Maret 2016 09:27 wib
jangan cuma asyik ama gadget.. pelajari seni budaya juga
Sarah
Selasa, 15 Maret 2016 09:27 wib
semoga masih banyak remaja sekarang yang minat dengan kesenian
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru