riau24 Meningkatnya Kasus DBD di Kota Dumai | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Meningkatnya Kasus DBD di Kota Dumai

3
Berita Riau -  Meningkatnya Kasus DBD di Kota Dumai

Dumai, Riau24.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai mencatat sejak 1  Januari 2016 hingga 14 Maret 2016 telah menangani sebanyak 134 pasien Demam Berdarah Dangue (DBD). 
Dengan rincian pada bulan Januari sebanyak 64 pasien, Februari sebanyak 57 pasien, sedangkan hingga pertengahan bulan Maret sudah tercatat sebanyak 13 pasien.

Data dari Bidang Pelayanan RSUD Kota Dumai, pasien DBD didominasi oleh anak-anak. Dengan jumlah pasien anak yang didiagnosa DBD mencapai 94 pasien. Terbanyak pada Januari yang mencapai 45 pasien. Sedangkan pada Februari mencapai 41 pasien dan pada Maret ini sudah tercatat 8 anak didiagnosa DBD.

“ Secara keseluruhan, kita sudah menangani 134 pasien DBD dan dari jumlah tersebut paling banyak terkena DBD yakni anak – anak dengan jumlah 94 pasien,” sebut Direktur RSUD Kota Dumai, dr.Syaiful, Selasa (15/3).

Ia mengatakan bahwa anak sangat rentang terkena DBD. Apalagi bagi mereka yang tinggal di wilayah Endemis DBD di Kota Dumai. Sehingga saat anak demam tinggi, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di laboratorium.

“ Gejala klinis DBD secara kasat mata sulit ditentukan. Maka kami imbau, bila anak demam tinggi, segera periksa kondisi tubuhnya di klinik, puskesmas atau rumah sakit,” kata Syaiful.
Dijelaskannya, tren pasien DBD di RSUD Kota Dumai memang fluktuatif. Sebab kondisi cuaca Kota Dumai yang panas. Terkadang diselingi hujan, sehingga muncul air tergenang di sekitar rumah.
“ Kondisi ini membuat Nyamuk Aedes aegypty mudah berkembang biak. Apalagi bulan April 2016 ini diprediksi siklus DBD bakal mengkhawatirkan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Syaiful mengimbau masyarakat agar masyarakat menerapkan 3M (mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air dan menguras penampungan air). Kemudian ditambah menaburkan Bubuk Abate, agar jentik tidak berkembang di penampungan air.

“ Terapkan juga pola hidup sehat di rumah. Ini bisa jadi upaya untuk mencegah berkembang biak Nyamuk Aedes aegypty di rumah,” pesan Direktur RSUD Dumai ini.


R24/dev/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Resti
Selasa, 15 Maret 2016 16:01 wib
padahal dah musim kemarau, dbd koq masih ada juga ya ??
Juwita malam
Selasa, 15 Maret 2016 16:01 wib
iya nih.. lagi musim dbd skrng
Momo
Selasa, 15 Maret 2016 16:01 wib
difogging atuh pak
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru