riau24 Jikalahari-YMI-Fitra Riau Dorong Pemerintah Optimalkan Penggunaan Dana Desa Untuk Mitigasi Perubahan Iklim | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Jikalahari-YMI-Fitra Riau Dorong Pemerintah Optimalkan Penggunaan Dana Desa Untuk Mitigasi Perubahan Iklim

2
Suasana Jikalahari, FITRA dan YMI Briefing Bersama Media
Berita Riau -  Jikalahari-YMI-Fitra Riau Dorong Pemerintah Optimalkan Penggunaan Dana Desa Untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Pekanbaru, Riau24.com - Berdasarkan Kajian Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), Forum Indonesia untuk Trasparansi Anggaran (FITRA) Riau dan Yayasan Mitra Insani (YMI) menunjukkan bahwa desa sangat berpeluang untuk melakukan program-program skala Desa yang berkaitan dengan mitigasi perubahan iklim.


Menurut mereka alasan mengapa desa perlu didorong untuk berperan aktif dalam migitasi perubahan iklim adalah karena undang-undang Desa telah memberikan kewenangan Besar Kepada Desa dan hal ini dapat menjadi satu landasan agar sebagian anggaran Desa bisa dialokasikan untuk mitigasi perubahan iklim.


"Desa memiliki ruang untuk merancang pembangunan berdasarkan kebutuhan yang ada di desa, maka program berbasis lingkungan hidup untuk upaya mitigasi perubahan iklim harus masuk dalam kebijakan pembangunan desa baik Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa maupun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa. Tentunya, agenda mitigasi perubahan iklim tersebut harus diselaraskan dengan permasalahan kritis yang dihadapi oleh desa," ungkap Koordinator Jikalahari, Woro Supartinah.


Woro melanjutkan, program mitigasi perubahan iklim yang bisa dilakukan oleh desa seperti oleh desa seperti pencegahan kebakaran hutan dan lahan, penjagaan hutan lindung atas prakarsa masyarakat desa, hutan desa, dan lain-lain. Yang terpenting, kata dia, program-program tersebut merupakan program skala desa.


Dalam upaya mendorong optimalisasi penggunaan dana desa untuk mitigasi perubahan iklim, maka Jikalahari, FIITRA dan YMI Riau merekomendasikan empat hal kepada Pemerintah.


Pertama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau membuat pengaturan bantuan keuangan Provinsi kepada desa, dengan memasukkan skrema penggunaan dana untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.


Kedua, Pemerintah Kabupaten harus memfasilitasi desa untuk memasukkan kegiatan mitigasi perubahan iklim dalam program pembangunan desa pada APBD Desa. Tentunya harus mengevaluasi RPJM Desa terkait isu strategis perbaikan lingkungan hidup melalui mitigasi perubahan iklim.


Ketiga, Bupati menerbitkan aturan khusus penggunaann Alokasi Dana desa (ADD) untuk kegiatan mitigasi perusahan iklim melalui peraturan Bupati.


Terakhir, Pemerintah desa harus merencanakan program-program mitigasi perubahan iklim dalam skala desa dan memasukkannya dalam RPJM Desa.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Ozi
Selasa, 15 Maret 2016 15:37 wib
Semoga kedepannya desa juga bisa berkembang seperti wilayah perkotaan
Seruni
Selasa, 15 Maret 2016 15:37 wib
Desa juga harus diperhatikan pak
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru