riau24 Untuk SPAM, Pemerintah Pusat Sediakan Dana Rp52,1 Triliun | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Untuk SPAM, Pemerintah Pusat Sediakan Dana Rp52,1 Triliun

0
R24/rul/det
Berita Riau -  Untuk SPAM, Pemerintah Pusat Sediakan Dana Rp52,1 Triliun
Jakarta, Riau24.com - Setakat ini, pemerintah telah menganggarkan dana program bagi pembangunan infrastruktur, salah satunya yaitu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang bertujuan sediakan kebutuhan akan air minum dan air baku untuk masyarakat. Dana disediakan sebesar Rp 52,1 triliun untuk membangun SPAM dari tahun 2015-2019.
 
Sesuai RPJM, APBN untuk SPAM 2015-2019 Rp 33,9 T di Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk bangunan produksi dan distribusi, Rp 18, 2 triliun di Direktorat Jenderak Sumber Daya Air (untuk air baku), kata Direktur Pengembangan Air Minum, Mochammad Natsir kepada detikFinance.
 
Pada tahun 2015, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan bidang air minum meliputi 4 SPAM Regional yaitu SPAM yang dibangun untuk mengatasi keterbatasan air baku di beberapa kabupaten atau kota, 621 SPAM MBR untuk masyarakat berpenghasilan rendah, 229 SPAM Kawasan Khusus seperti daerah perbatasan, pulau kecil terluar, nelayan, destinasi wisata unggulan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan 120 Penyehatan PDAM.
 
Untuk SPAM Regional yaitu yang melayani lintas Kabupaten, Kota, atau Propinsi untuk mengatasi keterbatasan air baku di beberapa Kabupaten atau Kota, yang sudah terbangun 2015 ada 4 yaitu, SPAM Kertamantul (Yogyakarta-Sleman-Bantul), Bregas (Brebes-Tegal-Slawi), (Banjarmasin-Kab.Banjar, Banjar Baru, Barito Kuala), dan Pasigala (Palu-Sigi-Donggala).
 
Semua sudah terbangun dan berfungsi kecuali SPAM Pasigala karena jaringan air bakunya akan diselesaikan tahun ini, lanjut Natsir. Ditambahkanya untuk SPAM di kawasan khusus yang dimaksud adalah khusus dari aspek kawasan, pembiayaan, maupun teknologi.
 
Dari segi kawasan yang termasuk kawasan khusus yaitu, daerah perbatasan, pulau kecil terluar, nelayan, destinasi wisata unggulan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Segi pembiayaan bisa Kerja Sama Pemerintah Melalui Badan Usaha, pinjaman perbankan, Corporate Social Responsibility (CSR), atau kemitraan lain.
 
Sedangkan dari aspek teknologi yaitu penyulingan air laut (Sea Water Revers Osmotion/SWRO), pengolahan air gambut dan Ultra Filtration. "Pemerintah targetkan tahun 2016 dapat membangun SPAM untuk 916.980 Saluran Rumah (SR) dan 78,8% kebutuhan akan air minum," ujarnya.
 
R24/rul/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru