riau24 Ini Beda Pemimpin dan Manajer | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Ini Beda Pemimpin dan Manajer

0
Berita Riau -  Ini Beda Pemimpin dan Manajer

Riau24.com - Kata-kata pemimpin dan manajer di kehidupan sehari-hari, sering digunakan secara bergantian. Namun, harus ditegaskan dua hal tersebut sama sekali berbeda. 

Dilansir dari Busines Insider, Rabu 16 Maret 2016, misalnya, seorang manajer memberi tahu karyawannya apa yang harus mereka lakukan. Sementara itu, pemimpin mendorong pekerja untuk berinisiatif. 
 
Sebuah sistus yang mewarkan informasi, pelatihan, dan solusi untuk memecahkan manajemen bisnis, Resourceful Manager memaparkan, 10 perbedaan terbesar antara manajer dangan pemimpin, berikut ini daftarnya:
 
1. Manajer memberi tahu bawahan, pemimpin berinisiatif menjual
 
Manajer menginstruksikan apa yang harus bawahannya lakukan dan menekankan untuk menggunakan cara yang telah dia sampaikan. Sedangkan pemimpin, mencetuskan ide bagaimana harus menjual produk dan mendorong bawahannya untuk ambil bagian dalam strategi bisnisnya.
 
2. Seorang manajer merencanakan detail kerja, pemimpin menyeting arahan. 
 
Manajer cenderung untuk mencatat setiap detail pekerjaan yang harus dilakukan bawahannya dan membahasnya di rapat. Sementara itu, seorang pemimpin cenderung membangun semangat pekerjanya dengan ikut terjun langsung di lapangan.
 
3. Manajer meminimalisasi risiko, pemimpin mengambil risiko
 
Bagi seorang manajer waktu adalah uang, lebih cepat pekerjaan diselesaikan, itu lebih baik. Tetapi, seorang pemimpin memilih untuk bekerja lebih keras tanpa mengindahkan risiko, namun apa yang dihasilkan sepadan risiko yang diambil. 
 
4. Manajer cenderung memberi instruksi, pemimpin merupakan seorang penyemangat. 
 
Seorang pemimpin merupakan penyemangat terbaik bagi karyawannya untuk lebih keras bekerja. Sedangkan seorang manajer, selalu ingin bawahannya bekerja sesuai rencana kerja yang telah dibuatnya. 
 
5. Manajer selalu melihat ada masalah dalam setiap hambatan. Pemimpin melihat hambatan sebagai sebuah kesempatan. 
 
Artinya, di dalam hambatan pekerjaan yang dihadapi, seorang pemimpin melihat ada kesempatan emas bagi dia dan timnya untuk belajar. Dan, memastikan hal tersebut tidak terulang lagi di masa depan, bukan hanya sekedar memperbaiki masalah tersebut. (asp)
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru