riau24 Polda Riau Targetkan 1000 Unit Sekat Kanal di Riau | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Polda Riau Targetkan 1000 Unit Sekat Kanal di Riau

0
Sekat Kanal
Berita Riau -  Polda Riau Targetkan 1000 Unit Sekat Kanal di Riau
Pekanbaru, Riau24.com- Mengingat banyak dan panjangnya jumlah kanal di Riau, hingga awal bulan April mendatang Polda Riau bersama seluruh wilayah Polres dan Polsek akan bangun sekat kanal hingga 1000 unit di daerah yang memiliki tingkat rawan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

"Target kita sampai awal April nanti akan mengejar pembangunan sekat kanal sampai 1000 unit. Kita optimis untuk ini karena per harinya kita bisa membangun 15 sekat kanal di daerah. Kita juga akan secepatnya untuk menginventarisir jumlah yang sudah dikerjakan tiap waktunya," kata Wakil Kepolisian Daerah (Wakapolda) Riau, Kombes Pol Edi Setyo Santoso.

Edi mengungkapkan, alasan pihaknya melakukan penggesaan pembangunan hingga 1000 unit sekat kanal hingga awal April mendatang adalah untuk mengejar agar seluruh sekat kanal bisa selesai sebelum musim penghujan selesai dan masuk dalam masa kemarau panjang yang sudah diprediksikan oleh Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Sekarang mumpung musim hujan dan lahan gambut masih banyak yang lembab dan basah sehingga pembuatan sekat kanal harus digesa supaya jangan sampai masuk hingga musim kemarau nanti. Jika pembuatan sekat kanal dilakukan hingga musim kemarau datang, maka kondisi lahan gambut yang ada sudah mengering dan kerawanan kebakaran akan meningkat, dan sekat kanal yang ada menjadi kurang efektif fungsinya karena air yang mau disekat sudah kering," jelasnya.

Edi menerangkan, pekan depan Polda Riau akan membangun 100 sekat kanal lagi di Kecamatan Rantau Baru, Pelalawan, untuk mengejar target 1000 sekat kanal hingga awal April mendatang.

"Program 100 sekat kanal pada pekan depan merupakan kerja sama yang dilakukan antara Polda Riau dengan masyarakat dan pelaku usaha yang tujuannya untuk mencegah terjadinya Karlahut dan bencana asap pada tahun ini," urai Edi.

Hingga kini, sambungnya, jumlah sekat kanal yang telah dibangun berjumlah 697 unit dan tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru