riau24 Wabup Meranti Minta RT Hingga Camat Dukung Sensus Ekonomi BPS | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Wabup Meranti Minta RT Hingga Camat Dukung Sensus Ekonomi BPS

2
Berita Riau -  Wabup Meranti Minta RT Hingga Camat Dukung Sensus Ekonomi BPS

Meranti, Riau24.com - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H. Said Hasyim meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan terendah, mulai dari Kepala Rukun Tetangga (RT), RW, Lurah hingga Camat se-Kepulauan Meranti untuk mendukung suksesnya sensus ekonomi yang akan dilakukan oleh Badan Pengelola Statistik (BPS) Kabupaten Meranti.

Sensus ini dilakukan bertujuan agar dihasilkan data yang valid atau jelas tentang kondisi dan perkembang ekonomi di Meranti yang nantinya dapat menjadi referensi dikeluarkannya kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam upaya memperbaiki tingkat ekonomi masyarakat di Kota Sagu ini.

"Saya minta mulai dari pihak RT, RW, hingga Camat se Kepulauan Meranti untuk mendukung Sensus Ekonomi BPS," ujar Drs H Said Hasyim dalam acara pertemuan bersama Kepala BPS Provinsi Riau, Mawardi Arsad didampingi Kepala BPS Kepulaun Meranti, Ajid Hajiji yang baru saja dilantik dan jajaran, Rabu (16/3/2016).

Pada kesempatan itu Bupati menegaskan dukungan dari Pemda atas kegiatan sensus ekonomi yang akan digelar oleh BPS secara serentak se-Provinsi Riau yang dimulai pada 1 hingga 31 Mei 2016 mendatang.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena Pemkab Kepulauan Meranti juga sangat membutuhkan data yang valid terkait kondisi terkini perekonomian masyarakat di Kepulauan Meranti kedepan," jelas Said Hasyim.

Wabup Meranti itu sempat mempertanyakan kondisi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Meranti tahun 2015 kemarin kepada Kepala BPS Meranti sebelumnya Rusli Jamal, dimana Rusli mengakui pertumbuhan ekonomi di Meranti cukup baik yakni 7 persen, jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau yang hanya berkisar 2 persen saja.

Namun kondisi ekonomi saat ini diperburuk oleh pemotongan Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas (DBH-Migas) Riau dari Pemerintah Pusat. Dan di Kepulauan Meranti sendiri untuk tahun ini terjadi pemotongan hampir setengah triliun atau 1/3 dari APBD Kepulauan Meranti, beber H Said Hasyim. Menyikapi masalah ini Pemkab Kepulauan Meranti tidak akan tinggal diam dan akan mencoba melakukan berbagai gebrakan untuk mendongkrak Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) untuk menutupi kebutuhan pembangunan. Salah satu yang menjadi referensi kebijakan adalah data yang valid dari BPS Provinsi Riau dan Kepulauan Meranti sebagai salah satu lembaga paling independen di Indonesia yang telah diakui oleh dunia Internasional.

Selain meminta dukungan Pemda soal sensus yang akan dilakukan oleh BPS Kepulauan Meranti, dalam pertemuan itu Kepala BPS Provinsi Riau juga memperkenalkan Kepala BPS Meranti yang baru yaitu Ajid Hajiji yang menggantikan pejabat lama, Rusli Jamal.

Dalam pertemuan singkat itu ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan plakat atau kenang-kenangan oleh Kepala BPS Kabupaten Meranti kepada Wakil Bupati, Drs H. Said Hasyim.

R24/jef/ndi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Reynold
Rabu, 16 Maret 2016 17:26 wib
kami warga meranti sangat dukung pak semoga ada hasil kedepannya
Upin
Rabu, 16 Maret 2016 17:26 wib
kita dukung pak
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru