riau24 Distan Pelalawan Berhasil Ciptakan Tiga Varitas Benih Padi Unggulan Baru | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Distan Pelalawan Berhasil Ciptakan Tiga Varitas Benih Padi Unggulan Baru

2
Berita Riau -  Distan Pelalawan Berhasil Ciptakan Tiga  Varitas Benih Padi Unggulan Baru

Pangkalan Kerinci, Riau24.com - Dinas Pertanian (Distan) Pelalawan sebelumnya telah berhasil menciptakan varitas benih Padi Ceko dan varitas benih Padi Karya.
Pada tahun ini, hasil pengembangan inovasi kembali dilakukan dan berhasil menciptakan tiga varitas benih padi unggulan baru yang sedang diproses sertifikasi hak paten di Kementan RI.

Informasi itu diungkapkan Kepala Distan Pelalawan, Syafalefi melalui Kasubag Program Pengembangan Pertanian Distan Pelalawan, Wisnu Handana S.TP kepada Riau24.com saat dikonfirmasi di kantor dinasnya, Selasa (15/3/2016) di Pangkalan Kerinci.
Dituturkan Wisnu, hasil kerja pengembangan inovasi kreatif Dinas Pertanian Pelalawan sehingga berhasil menciptakan tiga jenis benih padi varitas unggulan baru merupakan proses pemurnian varietas benih Ceko Karya yang disilangkan dengan varietas beni padi unggulan nasional.

Wisnu yang merupakan seorang Sarjana Teknologi Pertanian itu mengungkapkan, "Dari hasil inovasi melalui perkawinan silang antara benih Ceko Karya dengan benih varietas padi nasional mampu menghasilkan berbagai galur jenis benih padi baru. Hanya saja dari sekian banyak jenis varietas, yang memiliki hasil jenis varietas benih padi yang berkualitas dan memiliki produktivitas tinggi hanya jenis  varietas benih padi bernama  Mendol Pelalawan, varietas benih padi Bono Pelalawan dan jenis varietas benih padi Inpara Pelalawan," tukasnya.

Wisnu membeberkan secara gamblang kalau varietas jenis benih padi Ceko Karya yang dimiliki Pelalawan selama ini hanya memiliki umur masa tanam masih diatas seratus hari. Tapi kalau tiga jenis varitas benih padi unggulan baru yang berhasil diciptakan dan telah lolos dalam pemberian hak paten varitas benih padi di Kementan pusat pada bulan Desember lalu masa musim tanamnya lebih pendek yakni dibawa umur seratus hari saja.

"Pihak Distan Pelalawan tinggal menunggu penerbitan sertifikat hak paten tiga varitas benih padi unggulan baru yang kita miliki ini dari pihak Kementan RI. Setelah itu, pihak Mentan akan mengumumkan dan melepas tiga varitas benih unggulan baru hasil karya inovasi Pelalawan. Setelah kita terima sertifikat hak patennya maka kita berharap Pak Bupati langsung yang akan melaunching penanaman tiga jenis varitas benih padi unggulan baru Pelalawan itu. Uji coba penanaman sendiri akan dilakukan di lahan sawah warga seluas  7.380 hektar yang tersebar di delapan kecamatan di kabupaten Pelalawan. Seperti di Kecamatan Kuala Kampar, Bunut, Teluk Meranti, Bandar Petalangan, Pelalawan Pangkalan Kuras, Kerumutan, dan di Pangkalan Lesung", tutupnya kepada wartawan media Riau24.com



R24/dev/shi


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Via
Rabu, 16 Maret 2016 17:25 wib
betul itu
Lili
Rabu, 16 Maret 2016 17:25 wib
cepatlah ditanam, biar makin bagus hasil pertanian riau
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru