riau24 Program Kemitraan PTPN V Tawarkan Bunga Rendah ke UMKM | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Program Kemitraan PTPN V Tawarkan Bunga Rendah ke UMKM

1
Kabid UKM dan Fasilitasi Diskoperindag Rohul, Qomariah SE
Berita Riau -  Program Kemitraan PTPN V Tawarkan Bunga Rendah ke UMKM
Rohul, Riau24.com - Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang membutuhkan bantuan modal.
Dalam membantu pengembangan UMKM, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Rohul bekerjasama gandeng PTPN V Pekanbaru untuk bantuan modal usaha bagi seluruh UMKM, namun bantuan modal ini tidak berlaku untuk usaha perkebunan.

Kepala Diskoperindag Rohul H. Tengku Rafli Armien S.Sos, melalui Kabid UKM dan Fasilitasi Diskoperindag Rohul, Qomariah SE, mengatakan program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK) dari Program Pinjaman Modal Usaha Program Kemitraan PTPN V sudah berjalan sejak 1996 silam, semasa Kabupaten Kampar.

Bunga ditawarkan juga relatif kecil, hanya 6 persen dari pinjaman bagi pelaku UMKM. Untuk mendapatkan bantuan ini, pelaku UMKM bisa mengambil formulir di Diskoperindag. Rohul dan memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan.

Qomariah mengakui belum banyak pelaku UMKM yang tahu Program Kemitraan PTPN V Pekanbaru ini. Padahal Diskoperindag sudah mensosialisasikan melalui Pemerintah Kecamatan.

Ia mengungkapkan untuk pinjaman pertama, pelaku UMKM hanya bisa mendapatkan bantuan modal antara Rp 10 hingga Rp 30 juta. Soal diterima atau tidaknya proposal pemohonan berdasarkan survei dilakukan pihak PTPN V. Saat survei, Diskoperindag hanya berperan mendampingi tim survei.

"Tahun lalu (2015) ada UMKM yang bisa mendapatkan bantuan modal hingga Rp 30 juta. Jumlah bantuan tergantung jenis usaha. Tim survei yang bisa menentukannya," ujar Qomariah, Rabu (16/3/2016).

Ia menjelaskan, pada 2015, ada sekira 70 UMKM yang mengajukan proposal permohonan ke Diskoperindag Rohul. Dari jumlah itu, hanya sekira 30 UMKM yang mendapatkan bantuan modal dari PTPN V Pekanbaru. Sampai Maret 2016, belasan proposal permohonan dari UMKM sudah diterima pihak Diskoperindag Rohul.

Qomariah mengakui setelah dibantu, setiap empat bulan sekali, tim survei dari PTPN V Pekanbaru akan rutin mengecek kemajuan UMKM yang dibantu. "Jadi bantuan ini benar-benar dipantau, berkembang atau tidak," jelasnya‎.


R24/dev/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Susi
Kamis, 17 Maret 2016 16:39 wib
bagus nih untuk tambah modal
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru