riau24 FITRA Riau Tilik Dana Bantuan Provinsi ke Desa Dapat Dioptimalkan untuk Mitigasi Perubahan Iklim | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

FITRA Riau Tilik Dana Bantuan Provinsi ke Desa Dapat Dioptimalkan untuk Mitigasi Perubahan Iklim

0
Berita Riau -  FITRA Riau Tilik Dana Bantuan Provinsi ke Desa Dapat Dioptimalkan untuk Mitigasi Perubahan Iklim
Pekanbaru, Riau24.com- Selain desa mempunyai kewenangan yang bersifat otonom hingga dapat mengakomodir agenda utama desa yang diantaranya agenda mitigasi perubahan iklim, peluang lainnya adalah potensi besarnya keuangan desa yang secara permanen diterima oleh Pemerintah Desa di Provinsi Riau.
 
Analis anggaran Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau, Triono Hadi mengatakan berdasarkan evaluasi pihaknya terkait beberapa desa yang telah didatangi yakni Siak, Indragiri Hulu, Pelalawan dan Bengkalis, porsi penggunaan dananya sudah baik, hanya saja bukan berarti peningkatan anggaran yang diterima Pemerintah Daerah tidak siap pakai.
 
"Jika kita lihat dari hasil analisis anggaran desa pada empat daerah tersebut, dana desa dari APBN seratus persen digunakan untuk infrastruktur. Padahal, menurut Peraturan Pemerintah Desa nomor 5 tahun 2015 mengatur penggunaan dana tersebut bukan hanya untuk infrastruktur melainkan banyak hal," kata Triono. 
 
Selanjutnya Ia juga menjelaskan bahwa potensi keuangan yang dikelola desa-desa di Provinsi Riau pada tahun 2016 dengan jumlah 1800 desa, mencapai 1,6 Milyar hingga 3,5 Milyar. Jumlah tersebut berasal dari tiga sumber permanen yaitu dana desa APBN, alokasi dana desa dan bagi hasil pajak dan retribusi daerah.
 
Selain tiga sumber utama pendapatan desa secara permanen, tutur Triono, juga terdapat pendapatan lainnya berupa bantuan dari Provinsi Riau yang jumlahnya mencapai 500 juta per desa.
 
"Oleh karena besarnya potensi desa yang diterima, sangat perlu dioptimalkan dalam pengelolaan untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," pungkasnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru