riau24 LAMR Tak Terlibat Gugatan Citizen Lawsuit | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

LAMR Tak Terlibat Gugatan Citizen Lawsuit

0
Berita Riau -  LAMR Tak Terlibat Gugatan Citizen Lawsuit
Pekanbaru, Riau24.com- Ketua Dewan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Al Azhar mengatakan gugatan Citizen Lawsuit (CLS) bukanlah atas nama lembaga melainkan individu dari warga negara. Ia menegaskan hal ini sebab sebelumnya Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Pnb Henri Alfiandi menyayangkan beberapa pihak dari organisasi masyarakat dan LAM yang saling tuding negatif terhadap pemerintah dalam upaya penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).
 
"CLS bukan atas nama lembaga, tapi pribadi. LAMR tidak terlibat dengan CLS itu karena CLS memang bukan gugatan lembaga, tapi individu warga negara," kata Al Azhar, Jumat (18/3/2016).
 
Menurutnya, yang digugat adalah kebijakan yang dianggap salah atau kurang sehingga menimbulkan kerugian pada warga negara. "Gugatan itu adalah atas kejadian asap tahun 2015, dengan tujuan agar tidak terulang lagi selamanya," tuturnya.
 
Ditanyai mengenai tradisi membakar, Al Azhar menerangkan bahwa LAMR sejak Januari 2014 silam telah menerbitkan Warkah Amaran kepada seluruh masyarakat Riau untuk tidak melakukan pembakaran dan meminta kepada aparat hukum untuk menindak tegas siapa saja yang masih membakar. 
 
"Meski begitu, peraturan yang membolehkan membakar maksimal dua hektar memberi celah hukum bagi pembakar. Maka sebaiknya aturan tersebut harusnya diamandemen dan diiringi dengan solusi nyata bagi masyarakat kecil untuk membersihkan lahan tanpa membakar," urainya.
 
Sebaiknya substansi CLS itu dipelajari dengan seksama, lanjut Al Azhar. Tujuannya adalah untuk memperkuat regulasi agar persoalan asap dapat diselesaikan sebab setelah 18 tahun, secara periodik menyiksa warga negara.
 
"Sebagai pribadi, saya menganggap 18 tahun adalah masa yang cukup lama untuk menentukankebijakan, regulasi, strategi, cara dan tindakan terbaik untuk mencegah dan menanggulangi Karlahut yang menimbulkan asap."
 
"Saya yakin, semua orang ingin bebas dari keterancaman bencana ekologis itu. CLS adalah upaya saya selaku individu warga negara untuk memenuhi harapan bersama tersebut. Sebagai hak, CLS diajukan dengan landasan semangat dan tujuan memperbaiki, bukan 'memusuhi', tandasnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru