riau24 Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara

1
Berita Riau -  Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara
Jakarta,Riau24.com- Beberapa penjual laser hijau di jalan raya sering dikeluhkan berbagai pihak karena sinarnya yang silau mengenai mata. Dokter mata menyebut kalau sinar laser hijau terkena mata pengendara saat lagi berkendara bisa berbahaya.
 
"Lampu itu kan membuat blind spot, jadi tidak bisa lihat sementara, Jadi kalau kita lihat sinar sementara jadi kaya ada bayangan yang mengikuti untuk sementara. Disorientasi penglihatan sementara, penglihatannya jadi terganggu," kata dokter mata dari RSCM, Gitalista Andayani.
 
Namun, menurut Gitalisata kemungkinan laser hijau dapat merusak permanen mata sangat kecil. Hal itu karena penggunaan laser hijau untuk kepentingan medis sangat terukur walau energi yang digunakan cukup tinggi. Tingginya energi yang digunakan di laser hijau itu lah yang bisa merusak retina.
 
"Yang paling ditakutkan adalah bila sinar yang ditangkap atau kalau langsung masuk mata, pigmen bisa diserap makula (bagian tengah retina) yang sangat penting buat melihat tajam dan jelas. Sekalipun laser komersial ada batas keamanannya, ditakutkan sinar hijau yang sangat terang (misal yang dikeluhkan pilot), energinya melebihi batas aman. Jadi ini yang diwaspadai," ungkapnya.
 
Menurut dr Gitalista sinar laser pointer adalah contoh sinar hijau yang lemah, energinya kurang dari 1 miliwatt. Namun, sinar laser hijau yang ada di pinggir jalan atau seperti yang ada di konser punya cahaya yang cukup terang. 
 
Dampak jangka panjangnya baru terasa kalau sinar laser hijau membakar makula sehingga bisa menyebabkan jaringan parut dan buta/buram menetap. Warga yang merasakannya diimbau memeriksakan diri ke dokter. 
 
"Harusnya kalo energinya lemah, menyebabkan gangguan penglihatan sementara, tapi kalau benar energinya melebihi batas aman bisa bahaya, buta menetap," ungkap dr Gitalista.
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 16 November 2017 08:38 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lWQKb4j.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru