riau24 "Kapan akan Berakhir Karlahut di Riau yang Terjadi Sejak Tahun 1999" | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

"Kapan akan Berakhir Karlahut di Riau yang Terjadi Sejak Tahun 1999"

0
Berita Riau -
 
Pekanbaru, Riau24.com - Hingga tahun 2016 ini, diketahui Provinsi Riau masih mengalam Kebakaran Lahan Hutan (Karlahut) yang ada terjadi beberapa kabupaten/kota. Kondisi, tentu menimbulkan kabut asap. Karlahut di Riau ini pertama kali ditahun 1999.
 
Artinya, sesuai denganya pepatah yang telah lazim didengar adalah 
Apa Yang Ditanam Maka itu Pasti Yang akan Kita Tuai. Pepatah tadi sangat jelas menggambarkan hal-hal yang terhadap bencana kabut asap melanda di Provinsi Riau. Ini harus dipahami semua pihak.
 
Hal ini bukannya mengajari, tetapi memang seperti demikian kondisi terjadi sekarang. Dan dipaparkan ini, hanya sekedar mengingatkan untuk sekiranya dipahami. Sebab mencegah lebih baik daripada itu menanggulangi yang telah terjadi seperti kondisinya sekarang.
 
Dimana bencana Karlahut, masih terus terjadi sejumlah kabupaten/kota di Riau. Bukti demikian tentu pembenaran gambaran tidak ada singkronnya akan komitmen yang telah dibina dan disepakati antara pemerintah dengan pengusaha di sektor hutan serta kebun.
 
"Lihatlah kondisi daerah kita saat ini marwah di daerah Riau seakan telah hilang. Tentu membuat malu kita akan kejadian yang bertahun-tahun terus terjadi. Sehingganya, masyarakat Riau menderita, yang diakibat Karlahut menimbul kabut asap," kata Harijal Jalil.
 
Direktur LSM Tropika ini, berkata, bahwa bencana terjadi akibat ulah ketidakjelasan dari aturan hukum yang ada di Provinsi Riau. Sebab, jikalau ada ketegasan pemerintah dan penegakkan aturan hukum di Bumi Lancang Kuning, maka bisa dipasti tidak berkabut.
 
Lebih lanjut Harijal Jalil tegaskan, dengan terjadinya Karhutla sudah sejak tahun 1999 silam itu hingga saat sekarang. "Betapa malunya kita, sudah bertahun-tahun terjadi Karlahut. Sepertinya, yang terjadi seakan pembiaran. Sebab, sudah sejak tahun 1999," katanya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru