riau24 Pengakuan Blak-blakan Zaskia Gotik Soal Penghinaan Lambang Negara | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pengakuan Blak-blakan Zaskia Gotik Soal Penghinaan Lambang Negara

1
Berita Riau -  Pengakuan Blak-blakan Zaskia Gotik Soal Penghinaan Lambang Negara
Jakarta, Riau24.com- Beberapa hari terakhir, Indonesia dihebohkan oleh pedangdut Zaskia Gotik. Pemilik goyang itik itu dikecam gara-gara menghina Pancasila. Dalam sebuah acara di TV, Zaskia menyebut lambang sila kelima Pancasila adalah "bebek nungging". Dia juga menyebut proklamasi Indonesia dibacakan setelah adzan subuh, tanggal 32 Agustus.

Banyak netizen yang berkomentar soal pengetahuan Zaskia. Sebagian lagi menanyakan apa pendidikan terakhir Zaskia. Awalnya, pedangdut 25 tahun itu hadir di acara Dahsyat bersama dua sahabatnya Ayu Ting Ting dan Julia Perez. Dalam acara tersebut ada satu segmen Cerdas Cermat. Di mana Jupe, Zaskia Gotik, dan Ayu Ting Ting diberi pertanyaan oleh Deny Cagur.

Sekitar dua pertanyaan dilontarkan oleh Deny Cagur kepada ketiga wanita seksi tersebut, salah satunya tanggal berapakah Hari Proklamasi Indonesia. Jupe dan Ayu menjawab dengan benar, yaitu tanggal 17 Agustus 1945. Namun, mantan kekasih Vicky Prasetio itu menjawab Setelah adzan subuh, tanggal 32 Agustus.

Bukan hanya satu pertanyaan saja. Di pertanyaan kedua, ketika Deny Cagur memberikan pertanyaan lambang sila kelima dari Pancasila, lagi-lagi wanita asal Bekasi itu menjawab dengan asal. Padahal, Jupe dan Ayu menjawab dengan benar, yaitu Padi dan Kapas. Tetapi, Zaskia menjawab "Bebek Nungging".

Lewat kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga menjelaskan, Zaskia tidak bermaksud untuk menghina lambang negara. Jawaban yang dituliskan itu murni apa yang ada di kepalanya saat ditanya oleh host. Hal ini diakui Sunan lantaran Zaskia hanya lulusan SD dan berpendidikan minim.

"Klien kami seorang generasi muda yang memiliki wawasan dan pendidikan minim. Tidak bermaksud secara spontan melakukan suatu pelecehan pada suatu negara," ungkap Sunan di kantor Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Sabtu (19/3). "Dia tidak hafal pancasila. Gambar sila 1 sampai 5 aja dia tidak tau, klien kami memang tidak paham.

Seharusnya dia tidak harus dilaporkan melainkan dibina atau dirangkul. Saya yakin kok banyak generasi muda diluar sana yang tidak hafal pancasila," tambah dia. Menurut Sunan, ketidaktahuan Zaskia seharusnya dimaklumi oleh berbagai pihak mengingat Zaskia seorang publik figur namun berpendidikan rendah. Seharusnya, Zaskia diberi pembinaan dan pemahaman terkait bela negara, bukan malah dilaporkan ke pihak berwajib.

"Seyogyanya tidak jadi proses hukum. Selama masih bisa dibina dan diarahkan itu sudah cukup. Karena Zaksia memang tidak bermaksud seperti yang disangkakan. Dia sampai mengatakan demi allah tidak bermaksud melecehkan," jelas Sunan.

Sunan mengungkapkan, pasca kejadian, Zaskia langsung meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas ketidaksengajaan yang dilakukannya itu. Ia sungguh tidak pernah menyangka masalah ini akan berlanjut ke ranah hukum. Sebelumnya Zaskia Gotik dilaporkan oleh beberapa elemen masyarakat lantaran dituduh telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara juncto Pasal 158 KUHP.

R24/uci/mer
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 16 November 2017 08:47 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lWQKb4j.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru