riau24 PLN Klaim Tak Ada Penurunan Konsumsi Listrik Saat Earth Hour | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

PLN Klaim Tak Ada Penurunan Konsumsi Listrik Saat Earth Hour

1
Berita Riau -  PLN Klaim Tak Ada Penurunan Konsumsi Listrik Saat Earth Hour
Jakarta, Riau24.com- Sabtu malam pukul 20.30 hingga 21.30 Indonesia turut berpartisipasi dalam program Earth Hour 2016. Namun ternyata agenda ini tak berpengaruh pada penurunan beban atau konsumsi listrik di kota-kota besar.

"Realisasi beban tadi malam, sistem Jawa Bali saat Earth Hour tidak mengalami penurunan bila dibandingkan dengan satu dan dua minggu lalu," kata  Plt Satuan Komunikasi Korporat PT PLN, Agung Murdifi saat dihubungi detikcom lewat telepon, Minggu (20/3/2016).

"Hal ini kemungkinan temperatur karena mendekati waktu Equinox. Kota-kota Jakarta, Bandung, Surabaya, tidak mengalami penurunan beban," sambungnya. Dia menegaskan, keterkaitan dengan fenomena tersebut baru sebatas dugaannya semata.

Fenomena Equinox diketahui memang menyebabkan peningkatan suhu udara. Sehingga, dia menilai warga memilih menghidupkan pendingin udara saat Earth hour.

(Baca juga: Besok Indonesia Alami Fenomena Equinox, Apa itu?)

"Kalau cuaca agak panas dan kering, masyarakat menggunakan AC menjadi lebih meningkat," sebutnya.

Padahal tahun lalu, Earth Hour selama 1 jam di Jakarta, konsumsi listrik hemat sampai 165 MW. Jika 650 MW setara dengan 650 ribu kilowatt hour (kWh) dan harga jual listrik rata-rata Rp 1.000 per kWh, maka yang dihemat setara Rp 650 juta.

Rata-rata konsumsi listrik di Jakarta, lanjut Agung, bervariasi setiap jamnya. Dia menyebut, sebagai perbandingan, beban Jakarta tanggal 19 Maret 2016 pukul 20.30 WIB sebesar 3.891 MW.

R24/uci/det

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 16 November 2017 08:47 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lWQKb4j.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru