riau24 Jika Proyek Hambalang Dilanjutkan, KPK Sarankan Pemerintah Konsultasi ke Ahli | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Jika Proyek Hambalang Dilanjutkan, KPK Sarankan Pemerintah Konsultasi ke Ahli

1
Berita Riau -  Jika Proyek Hambalang Dilanjutkan, KPK Sarankan Pemerintah Konsultasi ke Ahli
Jakarta, Riau24.com- Proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) geleng-geleng kepala lantaran mangkrak. Jokowi pun berencana menghidupkan kembali pembangunan fasilitas tersebut.

Namun KPK memberi saran agar pemerintah merujuk kepada hasil penelitian tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam putusan Mahkamah Agung (MA) atas kasus tersebut. Tim PVMBG yang telah meneliti daerah tersebut menyatakan lokasi proyek tersebut di zona rawan.

"Sebenarnya untuk kasus Hambalang ini, terkait dengan akan dijalankan lagi proyek tersebut, KPK sebenarnya sudah melakukan pertemuan dengan BPK dan Kemenpora. Kami memberikan beberapa saran, termasuk juga sesuai dengan keterangan dari tim ahli yang sudah dikemukakan juga dalam persidangan kasus Hambalang ini. Bahwa sebenarnya lokasi tersebut tidak layak untuk dilakukan pembangunan dan harus ditinjau kembali kelayakannya untuk diteruskan proyek tersebut," ucap Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati ketika dihubungi detikcom, Minggu (20/3/2016).

"Kalau dari tim ahli, teman-teman juga sudah baca di putusan persidangan antara lain kontur tanahnya yang tidak stabil. Tapi saya tidak ingin membahas itu lebih dalam karena bisa dilihat dalam putusan itu, di situ sudah jelas," imbuh Yuyuk.

Apabila tidak merujuk pada pendapat pakar dalam putusan tersebut, pemerintah pun dapat menggunakan pakar independen apabila ingin melanjutkan pembangunan proyek itu. "Jika proyek itu ingin dilanjutkan, KPK memberi saran agar dilakukan kajian risiko secara menyeluruh oleh konsultan independen termasuk berkoordinasi dengan ahli independen," ujar Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha saat dihubungi terpisah.

Terlepas dari itu, KPK masih terus mengembangkan kasus tersebut. KPK tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus tersebut.

"Kalau mengenai kasusnya sekarang masih dalam pengembangan. Sekarang masih ada satu tersangka yang sampai saat ini juga masih dilakukan pemeriksaan. Belum selesai kasusnya. Nanti itu tergantung bagaimana perkembangan kasusnya, penyidik masih akan mendalami kasusnya apakah ada tersangka baru atau tidak," ujar Yuyuk.

R24/uci/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 17:26 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru