riau24 BI Sebut Kebijakan Menteri Susi Buat Ekonomi Sulut Melemah | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

BI Sebut Kebijakan Menteri Susi Buat Ekonomi Sulut Melemah

1
Berita Riau -  BI Sebut Kebijakan Menteri Susi Buat Ekonomi Sulut Melemah
Jakarta, Riau24.com- Sektor usaha perikanan di Sulawesi Utara (Sulut) saat ini tercatat sedang menurun. Padahal, sektor ini merupakan mata pencaharian utama hampir seluruh masyarakat setempat.

Selain akibat cuaca yang sedang tidak menentu, produktivitas masyarakat Sulut mengalami penurunan karena pemberlakuan beberapa aturan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Aturan tersebut yakni moratorium perizinan kapal eks asing dan pelarangan transhipment sejak 2014, serta kewajiban pengukuran ulang untuk kapal-kapal nelayan.

Aturan-aturan tersebut berkontribusi terhadap menurunnya pasokan ikan akibat tidak adanya kapal penangkap ikan. Sehingga berimbas kepada pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

Kepala Bank Indonesia Sulawesi Utara, Peter Jacobs mengatakan, menurunnya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang berada di angka 6.12 persen tahun 2015, disebabkan oleh menurunnya produksi ikan.

"Memang pertumbuhan ekonomi Sulut agak melambat karena turunnya produksi ikan," kata Peter kepada merdeka.com, Jumat (18/3).

Peter menilai, masyarakat Sulawesi Utara sangat bergantung pada kejelasan pemerintah mengenai aturan-aturan yang diterapkan di sektor perikanan. "Setelah kejelasan kebijakan moratorium dan transhipment, perikanan di sulut diharapkan akan segera meningkat," imbuh Peter.

Apabila pemerintah telah melakukan sinkronisasi aturan di sektor kelautan dan perikanan, Peter memproyeksi pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara tahun 2016 akan meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Kami memperkirakan PE Sulut 2016 naik menjadi 6,33 persen," tutur Peter.

R24/uci/mer

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Kamis, 16 November 2017 08:48 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lWQKb4j.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru