riau24 Kawasan Sago Jadi Prioritas Pemko dalam Penataan Lingkungan Kumuh di Pekanbaru | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kawasan Sago Jadi Prioritas Pemko dalam Penataan Lingkungan Kumuh di Pekanbaru

0
Berita Riau -  Kawasan Sago Jadi Prioritas Pemko dalam Penataan Lingkungan Kumuh di Pekanbaru
Pekanbaru, Riau24.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru laksanakan rapat dengan beberapa Satuan Kerja (Satker) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Riau di Kota Pekanbaru. Pada Satker Lingkungan Pemukiman, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan penataan lingkungan kumuh yang akan diprioritaskan adalah kawasan Kelurahan Sago, Kecamatan Senapelan.
 
Berdasarkan program Kementerian PU dengan 100-0-100 nya yang berarti menyediakan 100 persen air bersih, 0 persen lingkungan kumuh dan 100 persen sanitasi, dari tujuh lokasi pemukiman kumuh yang diusulkan untuk diatata, saat ini berada dalam tahap perencanaan dan penyediaan lahan. "Dari tujuh lokasi, Sago ini yang menjadi prioritas utama," kata Firdaus, Senin (21/3/2016).
 
Menurut Firdaus, dibutuhkan waktu empat hingga lima tahun kedepan dalam penataan lingkungan kumuh ini. Kendala yang saat ini tengah dihadapi adalah sulitnya pembebasan lahan sesuai dengan penataan yang direncanakan.
 
"Saya sudah bangun komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat terutama pemilik lahan. Karena kawasan yang akan kita tata ini pada akhirnya untuk mereka juga supaya lingkungannya bersih dan sehat," imbuhnya.
 
Penataan lingkungan kumuh lainnya adalah di Jalan Agus Salim. Belum tercukupinya luas lahan juga menjadi hambatan Pemko dalam memindahkan pedagang ke tempat yang telah direncanakan.
 
"Sekarang kan disana jadi pasar pagi dan tidak bersih juga. Nah kita belum bisa pindahkan pedagang dari pasar pagi itu karena lahannya belum cukup," ujar Mantan Kadis PU tersebut.
 
Kesabaran memang dibutuhkan dalam penataan kawasan ini, lanjutnya. Ditambah lagi dengan musibah kebakaran Ramayana beberapa waktu lalu. Tapi kedepan, sambungnya, kawasan itu akan kita jadikan kawasan epicentrum atau pusat kota. Jadi diantara pasar sukaramai dan pasar senapelan ini akan menjadi pusat kota yang menarik.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru