riau24 GAPKI Riau Harapkan Pemerintah Bangun Jalan yang Layak di Daerah Industri | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

GAPKI Riau Harapkan Pemerintah Bangun Jalan yang Layak di Daerah Industri

0
Berita Riau -  GAPKI Riau Harapkan Pemerintah Bangun Jalan yang Layak di Daerah Industri
Pekanbaru, Riau24.com- Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau mengharapkan pemerintah dapat membangun jalan yang lebih layak di daerah-daerah industri. Pasalnya, dari seluruh infrastruktur jalan yang ada, GAPKI menilai hanya sedikit yang layak dilewati kendaraan industri.
 
Tuntutan mengenai infrastruktur jalan ini, dikatakan Sekretaris GAPKI Riau, Ketut Sukarwa merupakan prioritas yang harus didesak kepada pemerintah. "Ini merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah bukan hanya kepada masyarakat tapi juga pada pelaku usaha yang melakukan investasi di daerah," katanya.
 
Membengkaknya ongkos transportasi bukan hanya diderita oleh perusahaan tapi juga masyarakat sekitar yang mayoritasnya merupakan petanu sawit.
 
"Karena akses jalan yang rusak dan buruk itu, banyak anggapan bahwa perusahaan tak menerima sawit dari masyarakat itu dengan harga yang layak, padahal memang seperti itu kondisinya. Akses jalan yang buruk membuat ongkos panen dan transportasi jadi naik, padahal harga pasaran tetap segitu saja," tuturnya.
 
Ketut mengungkapkan, ases jalan di dalam areal perusahaan memang tugas perusahaan, namun akses di sekitar perusahaan termasuk akses jalan masyarakat, itu merupakan tanggung jawab mutlak pemerintah.
 
"Di Riau ini totalnya ada 290 perusahaan kelapa sawit. Dengan jumlah yang hampir mencapai 300 itu harusnya penerintah bisa melakukan pembangunan jalan layak di daerah-daerah industri tersebut," ungkap Ketut pada wartawan, Selasa (22/3/2016).
 
Menurutnya jika jalan sekitar industri baik, maka hal tersebut bukan hanya akan menguntungkan perusahaan saja, melainkan juga masyarakat sekitarnya.
 
"Kita hanya ingin pembangunan jalan layak itu dibangun di luar areal perusahaan yang digunakan untuk transportasi keluar masuk areal pabrik. Karena dengan buruknya akses jalan di luar perusahaan membuat produksi menjadi terhambat dan membuat biaya produksi naik tinggi," pungkasnya.
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru