riau24 Disnakertrans Riau Gandeng Perusahaan di Rohul Adakan Pelatihan di Kecamatan | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Disnakertrans Riau Gandeng Perusahaan di Rohul Adakan Pelatihan di Kecamatan

0
Berita Riau -  Disnakertrans Riau Gandeng Perusahaan di Rohul Adakan Pelatihan di Kecamatan

Rohul, Riau24.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau berencana gandeng perusahaan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk menggelar Pelatihan Kerja Non Institusional di tingkat kecamatan.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan tingginya animo masyarakat Rohul yang mendaftar sebagai peserta Pelatihan Kerja Institusional 2016 dilaksanakan Disnakertrans Riau di UPT Latihan Kerja Riau Wilayah III di Pasirpangaraian. Sementara, kuota disediakan terbatas, yakni 9 jurusan dengan jumlah peserta 16 orang per jurusan.

Kasi Penempatan dan Pemagangan Naker Disnakertrans Riau, Samsul Akmal, juga Pelaksana Kegiatan Pelatihan di BLK Pasirpangaraian mengatakan, ‎sejak pendaftaran pelatihan gratis dengan 9 jurusan dibuka sejak 29 Februari dan baru berakhir 31 Maret 2016, jumlah pendaftar sudah 204 orang atau melebihi kuota.

Diakuinya, tingginya peminat Pelatihan Kerja ini menujukkan bahwa masyarakat Rohul sudah mulai sadar dan membutuhkan ketrampilan kerja.

"Pelatihan Kerja di luar sana banyak, namun biaya yang dikeluarkan tak murah. Untuk itulah kita akan menggandeng seluruh perusahaan melalui program CSR nya untuk mengadakan pelatihan di tingkat kecamatan," ujar Samsul.

Samsul mengatakan tujuan menggandeng ‎perusahaan agar mereka pro aktif mensejahterakan masyarakat sekitar. Bila mereka memang dibutuhkan, perusahaan tinggal memberdayakan.

Menurutnya, keberadaan perusahaan tak hanya mengeruk hasil bumi di daerah, namun mereka punya tanggung jawab dalam mensejahterakan masyarakat sekitar perusahaan.

Samsul menambahkan, Pelatihan Kerja saat ini diperlukan, apalagi Indonesia sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) sejak Januari 2016 lalu.

Diakuinya, keahlaian dan ketrampilan diperlukan tenaga kerja Indonesia, khususnya asal Rohul agar mereka mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.

Tenaga kerja di Kabupaten Rohul harus punya skill dan profesional dalam menghadapi MEA. Agar diakui, tenaga kerja juga harus mengikuti sertifikasi.

Samsul mengakui Pelatihan Kerja Non Institusional di kecamatan bekerjasama dengan perusahaan, Disnakertrans Riau masih perlu koordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kabupaten Rohul.

Ia menyarankan agar Pelatihan Kerja dilaksanakan di Kantor BLK Pasirpangaraian, karena sudah punya peralatan workshop lengkap, baik pelatihan tata boga, kelistrikan, las listrik, mesin jahit, komputer, dan lainnya.


R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru